TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sekda Jateng Perintahkan TPAKD Perluas Akses Keuangan ke Perikanan dan Ternak

Pak Sekda barusan berbicara dengan Perwakilan OJK

Ilustrasi peternakan sapi di Gerung Lombok Barat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Semarang, IDN Times - Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sumarno meminta kepada Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di wilayahnya agar memperluas akses keuangan untuk masyarakat, khususnya di sektor pertanian, peternakan, perikanan. 

“Tiga hal ini sangat penting, karena dalam rencana pembangunan jangka panjang 2025-2045, Provinsi Jateng ditunjuk sebagai penumpu pangan nasional," ujar Sumarno usai Rapat Koordinasi TPAKD di Kantor Setda Jateng, Senin (13/5/2024). 

Baca Juga: Apindo Jateng Gugat Penetapan UMK Semarang dan Jepara: Kita Kecewa!

1. Peternak terkendala hasil panen terlalu panjang

Sumarno berharap, TPAKD dapat memberikan akses perbankan yang mudah dan cepat untuk kalangan petani, nelayan, dan peternak. 

Sebab, lanjut dia, sektor pertanian dan peternakan menghadapi sejumlah tantangan. Salah satunya, rantai distribusi perdagangan hasil panennya yang terlalu panjang. Tak pelak, mereka acapkali tidak menikmati hasil panen secara maksimal.  

2. Petani dan peternak banyak terjerat rentenir

Selain itu, dikatakan Sumarno, kurangnya akses perbankan menjadikan tidak sedikit petani, nelayan, dan peternak terjerat pinjaman online ilegal dan rentenir. Oleh karenaya, situasi tersebut membutuhkan dukungan TPAKD serta stakeholder terkait lain. 

Berita Terkini Lainnya