Telan Anggaran Rp5,6 T, Jalan Tol Solo-Jogja Sesi 1 Diresmikan Jokowi

Diharapkan jadi pengungkit ekonomi di daerah

Boyolali, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan jalan tol Solo-Jogja-Kulonprogo seksi 1 yakni segmen Kartasura- Klaten sepanjang 22,3 kilometer. Peresmian berlangsung di gerbang tol Banyudono, Boyolali, Kamis (18/9/2024).

Pembangunan jalan Tol Solo-Jogja-Kulonprogo seksi 1 yakni segmen Kartasura-Klaten dimulai sejak tahun 2021 dan selesai di 2024 dengan menelan anggaran sebesar Rp5,6 triliun. Jokowi mengatakan jalan tol ini diharapkan akan meningkatkan konektivitas dan aksebilitas masyarakat dari Solo di Jawa Tengah menuju Jogjakarta.

"Pembangunan jalan tol ini dimulai sejak 2021 dan selesai di 2024 dengan menelan anggara biaya Rp5,6 Triliun, ini akan meningkatkan konektivitas, aksebilitas dari Solo Jawa Tengah menuju ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengefisienkan waktu," katanya.

Dalam sambutannya Jokowi juga mengenang saat dirinya masih kuliah perjalanan dari Solo-Jogja bisa ditempuh dengan waktu sekitar 50 menit, namun kini dengan kondisi jalan nasional yang sudah sangat ramai butuh waktu 3-5 jam perjalanan dari Solo menuju Jogja. "Inilah memang fakta yang ada di lapangan padahal kita membutuhkan daya saing, kecepatan, ketepatan waktu yang tidak bisa ditawar lagi," katanya.

Dengan dioperasionalkannya jalan tol diharapkan waktu tempuh Solo-Jogja yang sebelumnya 3-5 jam menjadi hanya 30-40 menit saja. Selain itu dengan selesainya pembangunan jalan tol Solo-Jogja bisa mengurangi beban jalan nasional yang saat ini kondisinya sudah sangat ramai. "Dan kita harapkan menjadi pengungkit ekonomi di daerah kemudian memicu tumbuhnya pusat-pusat ekonomi baru di sekitar jalan tol," pungkasnya.

Pada peresmian jalan tol Solo-Jogja Jokowi didampingi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan juga Menteri Sekretaris Negara Pratikno

Baca Juga: Dunia Dibayangi Resesi, Jokowi Ingatkan Untuk Fokus ke Pasar Kerja

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya