TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Teguh Prakosa Diminta Pertahankan Reputasi Kota Solo Pasca Gibran Mundur

Nana Sudjana puji prestasi Gibran Rakabuming Raka

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana dan Walikota Solo definitif Teguh Prakosa. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Semarang, IDN Times - Walikota Solo definitif, Teguh Prakosa diminta untuk tetap mempertahankan reputasi wilayahnya yang sudah berjalan cukup baik selama dipimpin Gibran Rakabuming Raka empat tahun belakangan. 

Baca Juga: Nana Sudjana Pamer Prestasi Gibran: Ekonomi Tumbuh 5 Persen

1. Inflasi Solo sebesar 3,2 persen

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana mengatakan Teguh perlu memperhatikan inflasi Solo yang berkutat di angka 3,2 persen tahun kemarin. Lalu kata Nana rasio gini juga wajib diperhatikan oleh Teguh. 

"Kemiskinan ini tanggung jawab kita bersama. Ini tantangan bagi pejabat baru. Saya berharap wali kota yang baru dapat mengemban tugas dengan baik dan mampu mempertahankan reputasi dari wali kota sebelumnya," kata Nana usai pelantikan Teguh Prakosa sebagai Walikota Solo definitif di Gradhika Bhakti Praja Semarang, Jumat (19/7/2024). 

2. Teguh Prakosa diminta atasi kemiskinan ekstrem

Menurut Nana, angka inflasi Kota Solo memang lebih besar dari Jateng yakni 2,89 persen. Juga Rasio Gini Kota Surakarta sebesar 0,383 yang lebih tinggi dari Jawa Tengah 0,369.

Kemudian peningkatan pelayanan publik yang terbaik bagi masyarakat dengan terus berinovasi. Juga upaya mengintervensi persoalan kemiskinan ekstrem dan pencegahan stunting.

Hal lain yang perlu diperhatikan ialah mitigasi bencana. Serta pengembangan sektor unggulan Kota Solo sebagai sentra budaya dan teknologi di Indonesia.

"Saya harap Bapak Teguh dapat menaruh perhatian lebih untuk hal itu. Juga bagaimana dalam kesiapan menghadapi Pilkada. Lakukan pendidikan politik kepada masyarakat," ujarnya. 

Berita Terkini Lainnya