TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Demo Tolak RUU Pilkada di Solo Serukan Pulangkan Jokowi

Long march dari Gladag ke Balaikota Solo

Aksi demo tolak RUU Pilkada di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Intinya Sih...

  • Aksi unjuk rasa di Balaikota Solo, Jawa Tengah, dipusatkan di depan kantor pada Kamis (22/8/2024).
  • Ratusan massa melakukan long march dari Gladag ke Balaikota Solo dengan orasi menyerukan pulangnya Presiden Jokowi.
  • Massa membawa poster kritis dan menyuarakan penolakan RUU Pilkada serta kritik terhadap pemerintahan yang dinilai sebagai rezim oligarki.

Surakarta, IDN Times - Aksi unjuk rasa yang berlangsung di Kota Solo, Jawa Tengah dipusatkan di depan kantor Balaikota Solo, Kamis (22/8/2024).

Demo yang diikuti oleh ratusan massa dari element masyarakat dan BEM se-Soloraya diawali dengan aksi long march dari bundaran Gladag menuju kantor Balaikota Solo.

Dari pantauan IDN Times, ratusan massa mulai berkumpul sekitar pukul 14.00 WIB selama kurang lebih 30 menit massa melakukan orasi di Bundaran Gladag. Dari orasi tersebut, massa menyerukan Presiden Jokowi untuk pulang.

"Pulangkan Jokowi, pulangkan Jokowi. Datangkan Jokowi yang dulu dari Surakarta. Bermula dari Surakarta, merusak negeri kita," teriak salah satu orator.

Setelah orasi massa kemudian berjalan ke kantor Balaikota Solo. Massa yang hadir membawa sejumlah poster dan spanduk yang bernada kritis diantaranya;
"Dinasti yg baik adalah dinasti yang mati!!!"
"#pulangkanjokowi"
"#selamatkanIndonesia"
"Darurat reformasi"
"Habis Gibran terbitlah Kaesang"

Para massa tiba di Balai Kota Solo, sekitar pukul 14.30 WIB. Sampainya di Balaikota, massa kembali menyuarakan orasi penolakan RUU Pilkada dan mengkritisi pemerintahan saat ini yang dinilai sebagai rezim oligarki.

"Salah satu demokrasi dengan ke caosnan terlama di Indonesia ada di depan Balaikota Surakarta ini saudara-saudara," ujar salah satu orator. 

"Kita serukan kita suarakan kabinet yang katanya Indonesia Maju, ini kita buktikan Indonesia mundur," teriak salah satu orator lainnya.

Baca Juga: Demo BEM Soloraya, Polresta Surakarta Siagakan 439 Personel

Berita Terkini Lainnya