Comscore Tracker

Gibran Tinggalkan Usahanya Demi Terjun ke Politik

Usaha diambil alih Kaesang

Semarang, IDN Times - Bisnis putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka akan diambil oleh adiknya, Kaesang Pangarep.

Hal itu dilakukan lantaran suami dari Selvi Ananda itu akan fokus pada politik.

Baca Juga: Dua Kali Absen Dampingi Jokowi, Rudy  Minta Tak Dikaitkan Soal Gibran

1. Gibran anggap Kaesang sudah mumpuni

Gibran Tinggalkan Usahanya Demi Terjun ke PolitikIDN Times/Larasati Rey

Melansir kantor berita Antara, Senin (7/10), Gibran masih enggan mengungkapkan alasannya beralih dari usaha kuliner ke dunia politik.

"Ya yang namanya bisnis kan bisa dijalankan orang lain. Sekarang Kaesang sudah lulus, sudah bisa saya delegasikan ke Kaesang," kata Gibran saat menghadiri Jakarta Culinary Feastival di Jakarta.

2. Gibran sudah mempunyai empat usaha kuliner

Gibran Tinggalkan Usahanya Demi Terjun ke PolitikIDN Times/Panji Galih

Untuk diketahui, Gibran mempunyai usaha kuliner Markobar. Jauh sebelum itu, Ia telah memiliki usaha katering yang diberi nama Chili Pari.

Pada Juni 2019, Gibran bersama adiknya Kaesang Pangarep, Chef Arnold Poernomo dan Randy Julius Kartadinata membuka usaha kuliner berkonsep rice bowl yang diberi nama Mangkokku.

Tak lama setelah itu, pada bulan Juli 2019, Gibran membuka Goola, usaha kuliner minuman tradisional khas Indonesia, seperti Es Doger, Es Ketan Hitam dan Es Cincau dengan kemasan kekinian.

3. Gibran enggan berkomentar soal pencalonannya di Surakarta

Gibran Tinggalkan Usahanya Demi Terjun ke PolitikANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Disinggung alasan meninggalkan usaha kuliner terkait dengan pencalonannya dalam Pemilihan Wali Kota Surakarta 2020, Gibran enggan berkomentar banyak.

"Ya ntar saja, belum waktunya. Pilkada masih lama," ungkapnya.

Ihwal keputusannya terjun ke dunia politik, Gibran mengaku tidak berdiskusi dengan sang Ayah, Joko Widodo. "Tidak ada hubungannya sama Bapak (Jokowi)," ujarnya.

Sebagaimana santer dikabarkan, pada akhir September 2019, Gibran telah mendaftarkan diri sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Surakarta. Saat itu, Gibran menanyakan soal formulir pendaftaran untuk penjaringan bakal calon kepala daerah Kota Surakarta dari PDIP.

Baca Juga: Jika Tak Diusung PDIP, Golkar Siap Dukung Gibran Maju di Pilwakot Solo

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Just For You