Comscore Tracker

Ini yang Akan Dilakukan Abu Bakar Ba'asyir di Ngruki Setelah Bebas

Tak ada penyambutan khusus untuk kedatangannya

Sukoharjo, IDN Times - Mantan terpidana teroris, Abu Bakar Ba'asyir dikabarkan telah meninggalkan Lapas Gunung Sindur, Jumat (8/1/21). Terpidana kasus terorisme yang divonis 15 tahun oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan itu saat ini sedang dalam perjalanan ke Solo bersama keluarga dan rombongan.

Baca Juga: Jelang Abu Bakar Ba'asyir Bebas Begini Suasana Ponpes Al Mukmin Ngruki

1. Keluar dari Lapas selepas Subuh

Ini yang Akan Dilakukan Abu Bakar Ba'asyir di Ngruki Setelah BebasAbu Bakar Ba'asyir (Website/nu.or.id)

Pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo tersebut keluar dan meninggalkan Lapas Gunung Sindur Jumat (8/1/21) pada pukul 05.24 WIB. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Juru bicara Ponpes Al-Mukmin Ngruki, Endro Sudarsono.

Endro mengatakan saat ini rombongan yang terdiri dari keluarga, tim pengacara, dan tim medis sedang dalam perjalanan menuju ke Solo, kediaman Abu Bakar Ba'asyir.

2. Lewat jalur darat

Ini yang Akan Dilakukan Abu Bakar Ba'asyir di Ngruki Setelah BebasSuasana depan Ponpes Al-Mukmin milik Abu Bakar Ba'asyir di Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah. IDNTimes/Larasati Rey

Lebih lanjut, Endro menerangakan jika kepulangan Ba'asyir menuju ke menggunakan jalur darat dengan mengunakan sebuah mobil. Ba'asyir didampingi Abdul Rochim putranya, dan penasehat hukum, serta tim medis. Diperkirakan perjalanan akan memakan waktu sekitar 8 jam

"Sesuai rencana awal rombongan akan melalui jalur darat. Mungkin 8 jam perjalanan baru sampai, semoga lancar," jelasnya.

3. Tak ada acara penyambutan

Ini yang Akan Dilakukan Abu Bakar Ba'asyir di Ngruki Setelah BebasPondok Pesantren Al Mukmin, rumah Abu Bakar Ba'asyir di Ngruki, Sukoharjo. IDNTimes/Larasati Rey

Endro menambahkan, sesampainya di Ponpes Ba'asyir akan langsung beristirahat. Dan sesuai kesepakatan keluarga, tidak akan ada acara penyambutan kepulangan Ba’asyir saat tiba ponpes.

“Jadi setelah dari Bogor sampai pondok, kemudian gerbang ditutup. Kecuali tamu dari Bogor, yang meliputi tim pengacara maupun dari tim kesehatan,” pungkasnya.

Pihaknya juga sudah mengimbau masyarakat agar tidak datang dan cukup mendoakan dari rumah. Tak hanya itu, sejumlah poster pengumunan untum tidak melakukan penyambutan juga dipasang di beberapa pintu masuk Ponpes.

Baca Juga: Abu Bakar Ba'asyir Bebas, Kapolda Jateng: Bubarkan Massa Penyambutan

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya