Masjid Hadiah Pangeran Uni Emirat Arab Untuk Jokowi Mulai Dibangun

Mampu tampung 10 ribu orang

Solo, IDN Times - Masjid Raya Sheikh Zayed Solo mulai dibangun, acara peletakan batu oertama sendiri dihadiri langsung oleh Ministry of Energy and Insfrastructure UEA, HE. Suhail Mohammed Al Mazroui, Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, Menteri BUMN Erick Tohir, dan sejumlah perwakilan negara UEA.

Baca Juga: Kota Solo Bakal Punya Miniatur Masjid Sheikh Zayed Abu Dhabi

1. Merupakan miniatur Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi.

Masjid Hadiah Pangeran Uni Emirat Arab Untuk Jokowi Mulai Dibangunsamarth.community

Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo di lahan bekas depo Pertamina, Gilingan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, digelar Sabtu (6/3/2021). Masjid tersebut menempati lahan seluas 2.8 hektar, dan bisa nenampung 10 ribu jamaah.

Bentuk Masjid Raya Sheikh Zayed Solo nantinya akan disamakan dengan desain Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi, UEA. Masjid hadiah pangeran Arab untuk Presiden Jokowi tersebut bisa dibilang menjadi miniatur Masjid Sheikh Zayed yang sesungguhnya.

2. Jadi simbol persahabatan Indonesia - UEA.

Masjid Hadiah Pangeran Uni Emirat Arab Untuk Jokowi Mulai DibangunWali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, bersama Ministry of Energy and Insfrastructure UEA HE. Suhail Mohammed Al Mazroui. Dok / Humas Pemkot Solo

Ministry of Energy and Insfrastructure UEA, HE Mr. Suhail Mohammed Al Mazroui mengatakan pembangunan Masjid Syeikh Zayed Solo diharapkan dapat menjadi monumen pengingat persahabatan antar dua negara yang besar yakni Indonesia dan Uni Emirates Arab. Ia berharap juga berusaha agar masjid yang dibangun di Kota Solo ini bisa mendekati bentuk bangunanan dan desain Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi.

"Masjid itu (Sheikh Zayed Grand Mosque) arsitektur besar dan luar biasa bukan hanya tempat ibadah tapi juga untuk destinasi wisata religi," ujarnya.

HE Suhail Mohammed Al Mazroui menyampaikan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo merupakan hadiah untuk Indonesia dan berharap Indonesia bisa menjadi role model bagi negara lain karena Indonesia merupakan muslim terbesar yang memiliki kekuatan ekonomi yang dapat diperhitungkan.

3. Bisa dijadikan distinasi wisata religi.

Masjid Hadiah Pangeran Uni Emirat Arab Untuk Jokowi Mulai Dibanguninstagram.com/sheikhzayedgrandmosque

Lebih lanjut, HE Suhail Mohammed Al Mazroui berharap pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini tidak hanya digunakan untuk tempat ibadah, melaikan juga untuk kegiatan wisata religi di Kota Solo.

"Saya beraharap masjid yang dibangun di sini mencerminkan keindahan artsitektur bangunan dan bisa menjadi sumber wisata religi yang membanggakan dan menarik banyak wisatawan," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas turut menyampaikan, Masjid Raya Sheikh Zayed akan menjadi tempat peribadatan yang artistik penuh nilai-nilai keagamaan dan dapat menjadi wisata religi yang membanggakan untuk Jawa Tengah dan Solo khususnya.

"Masjid adalah bangunan peradaban yang memancarkan nilai makna dan pencerahan kepada masyarakat luas Masjid juga merupakan sarana terpenting dalam upaya kita merawat moral dan mentalitas masyarakat yang bertakwa sejalan dengan misi kerisalahan Islam sebagai rahmatan lil alamin rahmat bagi alam semesta," ungkapnya.

"Bangunan Masjid Raya Sahid Solo merupakan Monumen persahabatan kedua negara persatuan Emirat Arab dan Republik Indonesia. Masjid Raya Solo akan menjadi salah satu mercusuar syiar Islam di nusantara dan simpul moderasi beragama dalam rangka mewujudkan perdamaian dunia dan keadilan sosial masjid terindah yang dibangun dengan hibah penuh dari putra mahkota persatuan Emirat Arab," pungkasnya.

Baca Juga: Panjang 4 Km, Fakta Jalan Jokowi di Abu Dhabi Dinamakan Presiden RI

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya