TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KPK Lanjutkan Penyidikan, Geledah Kantor Disdik Kota Semarang

Dugaan kasus korupsi di lingkungan Pemkot Semarang

KPK melakukan penyidikan di Kantor Dinas Pendidikan Kota Semarang terkait dugaan kasus korupsi di Pemkot Semarang, Jumat (19/7/2024). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Semarang, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melanjutkan penyidikan terkait kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Semarang. Kali ini petugas KPK melakukan penggeledahan di Kantor Dinas Pendidikan Kota Semarang, Jumat (19/7/2024).

1. Penggeledahan berlangsung 2,5 jam

Sebanyak delapan orang penyidik KPK dengan pengawalan polisi tiba di Kantor Disdik Kota Semarang di Jalan dokter Wahidin Nomor 118 Semarang sekitar pukul 09.30 WIB. Kemudian, mereka berkeliling ke beberapa ruangan sebelum memasuki ruang kepala dinas di lantai dua gedung tersebut.

Penggeledahan berlangsung selama sekitar 2,5 jam. Sekitar pukul 11.52 WIB, penyidik KPK meninggalkan Kantor Disdik Kota Semarang menggunakan lima mobil, dengan membawa satu tas koper.

Kepala Disdik Kota Semarang, Bambang Pramusinto membenarkan adanya penggeledahan yang dilakukan tim penyidik KPK di sejumlah ruangan di kantor tersebut.

"(Yang digeledah, red.) Ruang bidang-bidang," katanya singkat saat meninggalkan kantor.

Baca Juga: Pengakuan Kepala Diskominfo Semarang saat Dikumpulkan KPK Hampir Sejam

2. Kadisdik benarkan ada penyidikan KPK

Selain menggeledah, Bambang membenarkan tim penyidik juga meminta keterangan padanya dan sejumlah staf di Disdik Kota Semarang.

Namun, ia tidak menjelaskan materi yang ditanyakan oleh penyidik. Ia menyampaikan hanya diminta konfirmasi terkait berita acara.

Tidak hanya Bambang, penyidik KPK juga meminta keterangan Sekretaris Disdik Kota Semarang Erwan Rachmat dan seorang staf lainnya.

"Selain saya, (yang dimintai keterangan, red.) ada Pak Sekdin dan Mbak Kartika (staf Disdik, red.),” imbuhnya.

3. KPK sudah geledah 4 kantor dinas

Sebelumnya, penyidik KPK telah melakukan penggeledahan di sejumlah kantor dinas di kompleks Balai Kota Semarang, sejak Rabu (17/7/2024)

Pada hari pertama penggeledahan, penyidik KPK menyasar Ruang Wakil Wali Kota dan Sekretaris Daerah, serta Badan Pengadaan Barang/Jasa Kota Semarang.

Pada hari kedua, penyidik KPK menggeledah Dinas Sosial dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Semarang.

Kemudian, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), serta Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang.

Berita Terkini Lainnya