TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KAI Daop 5 Gelar Pengobatan Gratis di Rail Clinic

Edukasi kesehatan masyarakat sekitar rel

Masyarakat sekitar rel yang mendapat pengobatan gratis di klinik kereta kesehatan, Rabu (28/9/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Banyumas, IDN Times - Kereta kesehatan atau rail clinic digelar kai daop 5 purwokerto sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat khususnya di lingkungan sepanjang jalur KA, Rabu (28/8/2024).

Vice President Daop 5 Purwokerto, Gun Gun Nugraha mengatakan, rail
clinic bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan, pengobatan secara gratis, dan edukasi kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan terutama yang tinggal di sekitar jalur rel KA atau yang sulit dalam menjangkau fasilitas pelayanan Kesehatan.

"Hari ini merupakan bakti sosial daop 5 purwokerto setelah terakhir kali dilaksanakan di Stasiun Prupuk pada tahun lalu, dan juga sebagai bagian dari rangkaian HUT ke-79 HUT KAI yang puncaknya akan diperingati pada 28 September 2024 mendatang,"katanya.

Baca Juga: Kisah Inspiratif, Dika Sang Pengumpul Jelantah dari Banyumas

1. Rail Clinic Generasi ke-4

Salah satu ruang di kereta kesehatan KAI daop 5 Purwokerto, Rabu (28/8/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Dijelaskan , rail clinic adalah program TJSL KAI, merupakan kereta kesehatan yang pembuatannya dilatarbelakangi oleh semangat KAI untuk memberi pelayanan dan nilai lebih kepada masyarakat Indonesia, khususnya di bidang kesehatan dengan memanfaatan jalur KA sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor.

Pada kegiatan di Stasiun Karangsari, Cilongok, Purwokerto, Daop 5 Purwokerto menggunakan rangkaian Rail Clinic Generasi ke-4 yang terdiri atas empat kereta diesel dimana dua kereta difungsikan sebagai Rail Clinic dan dua kereta sisanya difungsikan sebagai Rail Library atau Kereta Pustaka.

Di dalam kereta Rail Clinic terdapat beberapa ruang kesehatan, diantaranya ruang pemeriksaan gigi, ruang kebidanan termasuk alat USG, ruang laboratorium sederhana, ruang pemeriksaan mata, serta apotek. Sedangkan di Rail Library terdapat beraneka ragam buku bacaan, juga tempat yang luas dan nyaman untuk membaca buku-buku yang juga dilengkapi media pembelajaran digital.

2. Layani kesehatan primer

Daop 5 Purwokerto memberikan fasilitas pelayanan kesehatan meliputi jenis pelayanan kesehatan primer, Rabu (28/8/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Untuk pelayanan kesehatan Rail Clinic di Stasiun Karangsari, Daop 5 Purwokerto memberikan fasilitas pelayanan kesehatan meliputi jenis pelayanan kesehatan primer (pelayanan tingkat pertama) diantaranya pemeriksaan umum, gigi, kesehatan ibu dan anak, laboratorium, dan pemeriksaan kesehatan mata.

Selain itu, Daop 5 Purwokerto juga memberikan alat bantu penglihatan (kacamata) gratis kepada 50 siswa, bingkisan tas dan alat sekolah sejumlah 50 paket untuk siswa yang membutuhkan. Pembagian kacamata diberikan pada siswa yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan mata di sekolah masing-masing.

“Dalam kesempatan ini juga diadakan edukasi atau penyuluhan sosialisasi terkait dengan keselamatan dan keamanan perjalanan Kereta Api, agar tidak melakukan kegiatan di sepanjang jalur manfaat KA yang berpotensi membahayakan keselamatan dan keamanan perka selain tentunya keselamatan diri dan masyarakat," terang Gun Gun.

Berita Terkini Lainnya