TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

25 Mahasiswa Asing Diterima Kuliah di Unnes, Ini Daftar Negaranya

Unnes terima 11.290 mahasiswa baru

Para mahasiswa baru saat membentangkan tulisan Menyala Indonesiaku saat kegiatan Program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes) kawasan Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. (IDN Times/Dok Humas Unnes)

Semarang, IDN Times - Tak kurang 11.290 mahasiswa baru diterima berkuliah di kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes). Mereka dinyatakan lolos seleksi tiga jalur penerimaan mahasiswa baru. Dari jumlah tersebut, terselip 25 mahasiswa asing tahun ini mendapat kesempatan berkuliah di kampus yang letaknya di Gunungpati tersebut. 

Baca Juga: Momen Haru Wisuda Unnes, Ortu Ambil Ijazah Anak yang Tewas Kecelakaan

1. Ada mahasiswa asal China, Pakistan sampai Uzbekistan

Sejumlah mahasiswa baru dengan muka berbinar saat mengikuti kegiatan program pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) di lapangan fakultas. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Rektor Unnes, Prof S Martono mengemukakan para mahasiswa asing yang diterima di kampusnya berasal dari Timor Leste, China, Ghana, Myanmar, Nigeria, Pakistan, Papua Nugini, Sudan, Thailand, Turkenistan, dan Uzbekistan.

"Kami sangat bangga menyambut ribuan mahasiswa baru yang datang dari berbagai penjuru negeri," tutur Martono, Minggu (18/8/2024). 

2. Rektor diminta pahami nilai-nilai keunnesan

Kampusnya sudah mengadakan Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) pada Sabtu (17/08/2024). Di Lapangan Prof Dumadi, kegiatan PKKMB dimanfaatkan untuk memperkenalkan lingkungan kampus dan membekali mahasiswa baru dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. 

Ia berharap setiap mahasiswa baru bisa beradaptasi dengan jalannya perkuliahan di masing-masing fakultas. Selain itu juga memahami nilai-nilai keunnesan. 

“Melalui kegiatan ini, kami ingin membantu mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan kehidupan kampus dan memahami nilai-nilai ke-Unnes-an," paparnya. 

Di samping itu, ia menekankan setidaknya setiap mahasiswa bisa menemukan passion dan potensi diri. "Dan siap menghadapi tantangan di dunia perkuliahan,” ungkap profesor ekonomika bisnis tersebut. 

3. Ada 42 warga Papua juga dapat beasiswa afirmasi ADIK

Kegiatan program pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) di Unnes juga diselingi dengan acara konser musik dan acara menarik lainnya di Lapangan Prof Dumadi. (IDN Times/Dok Humas Unnes)

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unnes, Prof Zaenuri menerangkan, dari total 11.290 mahasiswa baru dengan sebaran jalur penerimaan SNBP sebanyak 2.253 mahasiswa, jalur UTBK-SNBT sebanyak 3.407 mahasiswa, dan jalur Seleksi Mandiri sebanyak 5.630 mahasiswa.

Di kampusnya juga menerima 42 mahasiswa baru dari jalur beasiswa afirmasi ADIK Papua. "Unnes juga menerima mahasiswa yang berasal jalur Beasiswa Afirmasi ADIK Papua sebanyak 42 mahasiswa dan 2.121 mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah,” akunya. 

Berita Terkini Lainnya