TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bandara Ahmad Yani Buka 8 Rute Anyar, Paling Jauh ke Lombok

Bandara Ahmad Yani yakin bisa dongkrak wisatawan

Pesawat Super Air Jet di Bandara Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Intinya Sih...

  • Bandara Ahmad Yani Semarang membuka 8 rute baru ke Sumatera, Kalimantan, dan Lombok.
  • Rute-rute penerbangan baru antara lain menuju Balikpapan, Pekanbaru, Lombok, Palembang, Medan, Makassar, Padang, dan Banjarmasin.
  • Pihak bandara berencana menambah 18 rute penerbangan baru lagi ke berbagai kota dan pulau di masa depan.

Semarang, IDN Times - Pengelola Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang membuka delapan rute baru untuk melayani masyarakat menuju berbagai kota besar di luar Jawa. Menurut General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang, Fajar Purwadidada, kedelapan rute teranyar tersebut dioperasikan maskpaai Super Air Jet. 

Ia mengutarakan delapan rute dari Semarang dengan tujuan ke Sumatera, Kalimantan dan Nusa Tenggara Barat (NTB). 

"Dengan adanya delapan rute penerbangan baru dari dan ke Semarang menuju kota yang ada di pulau Sumatera, Kalimantan, dan Lombok ini kiranya dapat semakin menstimulus kunjungan wisatawan dan lebih menggairahkan dunia pariwisata kota Semarang, serta Provinsi Jawa Tengah," ungkap Fajar, Selasa (10/9/2024). 

Baca Juga: Jumlah Penumpang KA Semarang Nyaris Tembus 1 Juta Orang pada Agustus

1. Daftar delapan rute terbaru di Semarang

Ia menjelaskan kedelapan rute baru di bandaranya antara lain:

  • Semarang-Balikpapan PP dengan jadwal Senin, Rabu, Jumat dan Minggu pada pukul 18.55 WIB. Untuk rute Semarang menuju Balikpapan dan pukul 07.00 WITA untuk rute Balikpapan menuju Semarang.
  • Semarang-Pekanbaru PP dengan jadwal hari Rabu dan Minggu pada pukul 08.15 WIB untuk rute Semarang menuju Pekanbaru dan pukul 11.40 WIB untuk rute Pekanbaru menuju Semarang.
  • Semarang-Lombok PP dengan jadwal hari Rabu dan Minggu pada pukul 15.05 WIB untuk rute Semarang menuju Lombok dan pukul 18.00 WITA untuk rute Lombok menuju Semarang.
  • Semarang-Palembang PP dengan jadwal hari Senin dan Rabu pada pukul 10.05 WIB untuk rute Semarang menuju Palembang dan pukul 12.30 WIB untuk rute Palembang menuju Semarang.
  • Semarang-Medan PP dengan jadwal Senin dan Jumat pada pukul 08.15 WIB untuk rute Semarang menuju Medan dan pukul 11.40 WIB untuk rute Medan menuju Semarang.
  • Semarang-Makassar PP dengan jadwal hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu pada pukul 16.00 WIB untuk rute Semarang menuju Makassar dan pukul 08.40 WITA untuk rute Makassar menuju Semarang.
  • Semarang-Padang PP dengan jadwal Selasa dan Kamis pada pukul 14.00 WIB untuk rute Semarang menuju Padang dan pukul 11.00 WIB untuk rute Padang menuju Semarang.
  • Semarang-Banjarmasin PP dengan jadwal Selasa, Kamis dan Sabtu pada pukul 10.05 WIB untuk rute Semarang menuju Banjarmasin dan pukul 13.05 WIB untuk rute Banjarmasin menuju Semarang.

2. Super Air Jet resmikan rute di Bandara Ahmad Yani

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk penerbangan perdana secara seremonial dilaksanakan Super Air Jet di Gate 1A Bandara Ahmad Yani.

Pihaknya menghadiri acara tersebut bersama GM Airnav Semarang, Lanumad Ahmad Yani, perwakilan Disbudpar, dan Lion Air Group. Kemudian dimeriahkan tarian tradisional kesenian Semarang dan pengalungan kain batik bagi tiga penumpang pertama. 

"Kami intens berkoordinasi dengan maskapai untuk dapat terus menambah pilihan rute-rute favorit dan peka terhadap apa yang menjadi permintaan pasar. Alhamdulillah terhitung sejak kemarin hari Minggu Super Air Jet telah beroperasi perdana dengan rute Semarang-Pekanbaru, Semarang, Lombok dan Semarang Balikpapan, serta hari ini juga telah beroperasi rute Semarang-Palembang, Semarang-Medan dan Semarang- Makassar," tuturnya. 

Berita Terkini Lainnya