TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bom Makassar, 104 Gereja Salatiga Diperketat Pengamanan Jelang Paskah

Jemaat diminta laporkan jika ada orang yang mencurigakan

Personel kepolisian saat meningkatkan penjagaan di gereja Salatiga. Dok Pemkot Salatiga

Salatiga, IDN Times - Pasca-ledakan bom bunuh diri di Makassar, Sulawesi Selatan, aktivitas pengamanan rangkaian ibadah Paskah di Kota Salatiga, Jawa Tengah diperketat. Aparat gabungan dari TNI/Polri mempertebal penjagaan di setiap gereja Katolik maupun Kristen di kota tersebut.

Baca Juga: 4 Sekolah di Salatiga Buka KBM Tatap Muka, Pakai Sif Dilarang Gerombol

1. Wali Kota Salatiga minta ibadah di gereja harus aman dan nyaman

Wali Kota Salatiga menyapa warganya di sela upacara HUT RI Ke-75. Dok humas Pemkot Salatiga

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto menyatakan pengamanan harus ditingkatkan agar pelaksanaan ibadah umat Kristen dan Katolik bisa aman dan nyaman.

"Personel gabungan TNI, Polri bersama Satpol PP langsung berpratroli untuk meningkatkan pengamanan. Pelaksanaan ibadah di Kota Salatiga harus aman dan nyaman," tegasnya, Minggu (28/3/2021).

2. Gerak gerik orang yang mencurigakan harus dilaporkan

Anggota Polres Kebumen megerahkan anjing pelacak untuk mendeteksi benda-benda berbahaya di gereja-gereja yang kan digunakan untuk perayaan Natal. Humas Polres Kebumen

Lebih lanjut, ia meminta kepada semua tokoh agama dan umat Kristen juga Katolik untuk mewaspadai munculnya gangguan keamanan menjelang perayaan Paskah, 4 April 2021. Bila ada gerak-gerik orang yang mencurigakan, katanya, maka umat harus laporkan ke petugas keamanan gereja.

"Jemaat pasti mengenali sesama jemaat, tapi kalau ada orang asing yang mencurigakan, segera lapor sebagai tindakan antisipasi," bebernya. 

Wilayahnya sebagai Kota Tertoleran 2020 di Indonesia -versi Setara Institut, harus dipastikan keamanan dan kenyamanan dalam menjalankan ibadah. Yulianto menganggap cara-cara kekerasan tidak boleh dibenarkan dalam kehidupan beragama.

Baca Juga: 4.000 Lansia Salatiga Bakal Divaksin, Ini 9 Lokasi Pelayanannya

https://www.youtube.com/embed/tQ1sDAp6pz8
Berita Terkini Lainnya