TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Diberi Mandat Golkar dan PSI, Dico Ganinduto Pilih Maju Pilwakot Semarang

Dico akan diusung koalisi gemuk

Ketua Dewan Pembina PSI Jateng M Farchan. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Semarang, IDN Times - Sebulan menjelang tahapan pendaftaran calon kepala daerah, Bupati Kendal Dico Ganinduto bermanuver.

Dico secara mendadak memutar haluan. Dari semula digadang-gadang maju di Pilbup Kendal dan Pilgub Jateng, suami Chacha Federica tersebut kini menyatakan mantap mencalonkan diri sebagai walikota Semarang.

Kepastian Dico maju Pilwakot Semarang ditegaskan Ketua Dewan Pembina PSI Jawa Tengah, M Farchan. Farchan mengaku partainya saat ini telah sepakat berkoalisi dengan Golkar.

"Yang jelas PSI saat ini berkoalisi dengan Golkar. Yang dicalonkan adalah Bro Dico. Ini tentunya energi yang luar biasa. Karena dari kalangan teman-teman muda," kata Farchan usai deklarasi mendukung pencalonan Dico di Openaire Resto Marina, Kecamatan Semarang Barat, Sabtu (13/7/2024).

 

Baca Juga: PSI-Golkar Sepakat Dukung Dico Ganindito di Pilkada Kota Semarang

1. PSI siap jadi infanterinya parpol KIM

Farchan berkata PSI kini akan memanaskan mesin partainya. Karena dipastikan mencalonkan Dico, maka partainya akan menjadi pasukan tempur alias garda infanteri yang terdepan bagi partai koalisi.

Lebih lanjut, ia menyampaikan PSI sudah berkomunikasi dengan Golkar untuk membentuk koalisi gemuk di bursa Pilwakot Semarang.

"PSI akan jadi infanteri dalam garda terdepan di partai koalisi. Hampir semua mitra Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah berkomunikasi. Kebetulan dari beberapa kerua partai KIM komunikasi dari kami sebagai ketua dewan pembina," ungkapnya.

2. PSI: Koalisi besar akan terjadi di Semarang

Ketum PSI Kaesang Pangarep ketika berbincang dengan Ketum Airlangga Hartarto di DPP Golkar. (IDN Times/Santi Dewi)

Farchan juga menyebut seluruh partai yang berada dalam KIM akan mengusung Dico Ganinduto sebagai calon walikota Semarang. Jika merujuk pada koalisi Pilpres kemarin, parpol KIM antara lain Golkar, Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PBB, PSI, Garuda, Prima dan Gelora.

Kekuatan KIM di Semarang diklaim bertambah dengan sokongan dari partai partai lainnya diluar KIM.

"Yang jelas koalisi besar akan terjadi di Semarang. Dan (partai) di luar KIM juga ada. KIM sudah cukup jelas ditambah partai partai diluar KIM," tuturnya.

3. Dico sudah komunikasi sama Kaesang

Sedangkan, Dico Ganinduto mengatakan dirinya sudah berkomunikasi dengan Ketum PSI Kaesang Pangarep untuk menentukan wakilnya di Pilwakot Semarang.

Sementara ini sejumlah nama sudah disodorkan untuk menjadi wakilnya. Hanya saja, menurut Dico semuanya belum ada yang final.

"Terkait wakil terakhir komunikasi dengan partai koalisi dalam hal ini Mas Kaesang ada beberapa nama yang diajukan tapi belum final. Nama yang diajukan akan kita uji, kita lihat dengan perkembangan dinamika. Jadi ini masih dinamis. Dua hari lalu ketemu Mas Kaesang belum ada yang final. Semua masih diuji kita lihat jelang pendaftaran seperti apa," akunya.

Berita Terkini Lainnya