TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Elektabikitas Gusti Bhre Naik, Menang Jika Dipasangkan Dengan Siapapun

Teguh Prakosa unggul di popularitas

SoloRaya Polling merilis hasil survei calon Walikota dan Wakil Walikota 2024. (IDN Times/Larasati Rey)

Surakarta, IDN Times - Solo Raya Polling merilis hasil survei Pilkada Kota Solo untuk kali keempat. Dalam survei tersebut, elektabilis KGPAA Mangkunegara X atau Gusti Bhre unggul bila dibandingkan dengan calon incumbent Wali Kota Solo Teguh Prakosa.

Baca Juga: Gibran Blusukan Bareng Gusti Bhre, Bantah Endorse Calon Walikota Solo

1. Elektabilitas Gusti Bhre naik

Ketua Solo Raya Polling Suwardi. (IDN Times/Larasati Rey)

Ketua Solo Raya Polling Suwardi menjelaskan, pada survei terakhir ini, pihaknya mengambil sampel sebanyak 735 orang. Dengan menggunakan metode cuplikan random sampling berbasis pada daftar pemilih tetap (DPT) KPU Kota Solo pada Pemilu 2024.

Dimana sampling digelar di 105 titik yang tersebar di 54 kelurahan di Kota Solo dengan margin error 5 persen.

Dari metode tersebut ditemukan hasil elektabilitas bakal calon walikota, yakni Mangkunegara X berada di posisi puncak dengan 365 pemilih atau sekitar 49,7 persen.

Sedangkan Teguh Prakosa berada di posisi dua dengan pemilih 274 orang atau 37,3 persen.

"Pada survey Mei lalu, posisi pertama Pak Teguh dengan skor 51,6 persen, kemudian Gusti Bhre 35,9 persen," kata Suwardi, Selasa (13/8/2024).

2. Teguh unggul di popularitas dan acceptabilitas

SoloRaya Polling merilis hasil survei calon Walikota dan Wakil Walikota 2024. (IDN Times/Larasati Rey)

Dari sisi popularitas, calon walikota Teguh Prakosa yang berasal dari PDIP menduduki posisi tertinggi dengan skor 96 persen atau sekitar 706 orang mengetahui sosok Teguh.

Sedangkan, Mangkunegara X yang berada di posisi ketiga dengan memiliki nilai 85 persen atau 628 orang mengetahui sosoknya.

"Posisi Teguh tinggi karena sekarang beliau menjabat di pemerintahan sebagai walikota," ujarnya.

Sementara, jika dilihat dari sisi akseptabilitas, kinerja Teguh Prakosa masih berada di posisi pertama dengan nilai agregat 2.845 dan rerata 3,9. Sedangkan Mangkunegata X berada diposisi kedua dengan nilai agregat 2.737 dan rerata 3,85.

Namun dari sisi kecocokan calon pemimimpin, masyarakat lebih condong dengan Mangkunegara X dengan nilai rerata 3,93. Dan Teguh dengan rerata 3,91.

Berita Terkini Lainnya