Comscore Tracker

25 Fasilitas Pertamina di Area Erupsi Gunung Merapi, Stok BBM Aman

Rata-rata fasilitas Pertamina berada lebih dari 10 km Merapi

Semarang, IDN Times - Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) memastikan kelancaran pasokan BBM dan LPG di wilayah Jawa Tengah dan DIY saat Gunung Merapi berstatus siaga. Seluruh fasilitas BBM dan LPG disiagakan sebagai antisipasi dampak erupsi Gunung Merapi.

1. Dua TBBM milik Pertamina berada di wilayah erupsi Gunung Merapi

25 Fasilitas Pertamina di Area Erupsi Gunung Merapi, Stok BBM AmanAktivitas di Terminal BBM Pertamina Dok. Serikat Pekerja Pertamina Persada IV

Pjs Unit Manager Communication, Relations and CSR Pertamina Regional JBT, Arya Yusa Dwicandra mengatakan, sebagai upaya antisipasi kelancaran penyaluran BBM dan LPG akibat meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Merapi pihaknya menyiagakan seluruh fasilitas BBM dan LPG.

‘’Kami siagakan seluruh fasilitas BBM dan LPG, khususnya yang berada di radius potensi terkena dampak erupsi Gunung Merapi,’’ ungkapnya melalui keterangan resmi yang diterima IDN Times, Kamis (28/1/2020).

Baca Juga: Erupsi Merapi Tak Menganggu Penerbangan di Bandara Adi Soemarmo Solo

2. Pasokan BBM di Jateng dan DIY akan didukung 3 TBBM

25 Fasilitas Pertamina di Area Erupsi Gunung Merapi, Stok BBM AmanIlustrasi pengisian BBM di SPBU Pertamina. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Berdasarkan data Pertamina Regional JBT, di wilayah sekitar Gunung Merapi terdapat dua fasilitas Terminal BBM, yaitu Rewulu di DI Yogyakarta dan Boyolali Jawa Tengah, juga 19 SPBU, satu Pertashop, serta satu SPPBE.

‘’Sebagai antisipasi, kami telah menyiapkan stok dan penyaluran dari TBBM Semarang Group dan Maos di Jawa Tengah hingga Terminal BBM di Madiun Jawa Timur. Upaya ini untuk mendukung kelancaran pasokan di sekitar Gunung Merapi jika seandainya terjadi keadaan darurat,’’ tuturnya.

Adapun, jarak rata-rata seluruh fasilitas tersebut lebih dari 10 kilometer dari puncak Gunung Merapi, sehingga saat ini masih beroperasi normal dan tidak terkendala hal apa pun.

‘’Sehingga, konsumen tidak perlu khawatir mengenai pasokan BBM dan LPG, karena kami bersama seluruh stakeholders di wilayah potensi terdampak telah berkoordinasi dan memastikan kelancaran pasokan BBM serta LPG,’’ kata Arya.

3. Pertamina pastikan kelancaran penyaluran BBM di empat wilayah potensi terdampak

25 Fasilitas Pertamina di Area Erupsi Gunung Merapi, Stok BBM AmanANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Saat ini penyaluran BBM dan LPG di wilayah Jawa Bagian Tengah mencapai 11.073 Kiloliter (KL) untuk BBM jenis gasoline, 4.958 KL BBM jenis gasoil, dan 4.255 metric ton (MT) untuk LPG. Sementara kondisi stok BBM dan LPG masih sangat mencukupi di tengah situasi Gunung Merapi saat ini.

Pertamina, imbuh Arya, juga memastikan kelancaran di empat wilayah potensi terdampak erupsi Gunung Merapi. Yakni di Kabupaten Boyolali, Magelang dan Klaten, dan Sleman DIY.

Masing-masing wilayah saat ini penyalurannya untuk Boyolali, Gasoline 260 KL per hari, Gasoil 100 KL per hari, LPG 118 MT per hari. Lalu Kabupaten Magelang, Gasoline 331 KL per hari, Gasoil 147 KL per hari, LPG 106 MT per hari.

Kemudian Klaten, Gasoline 400 KL per hari, Gasoil 160 KL per hari, LPG 134 MT per hari. Sedangkan di Sleman, Gasoline 549 KL per hari, Gasoil 115 KL per hari, dan LPG 140 MT per hari.

Baca Juga: Penambang Pasir di Klaten Berlarian saat Gunung Merapi Erupsi Besar

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya