4 RS di Jateng dan DIY Didrop 11,9 Ton Oksigen untuk Tangani COVID-19

PLN berencana salurkan 72 ton oksigen ke RS secara bertahap

Semarang, IDN Times - Sebanyak empat rumah sakit (RS) di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta menerima bantuan oksigen untuk menangani COVID-19. PLN menyalurkan sebanyak 11,9 ton oksigen seiring meningkatnya kebutuhan di rumah sakit tersebut.

1. Tiga RS di Jateng terima pasokan oksigen

4 RS di Jateng dan DIY Didrop 11,9 Ton Oksigen untuk Tangani COVID-19Rumah sakit di Jateng dan DI Yogyakarta terima dropping oksigen. (dok. PLN UID Jateng dan DIY)

Keempat rumah sakit yang mendapatkan bantuan oksigen yaitu Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito Yogyakarta sebanyak 4,5 ton, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tugurejo Semarang sebanyak 1,4 ton, RSUD Kalisari Batang sebanyak 4 ton, dan RSUD Kraton Pekalongan sebanyak 2 ton.

General Manager PLN UID Jateng dan DI Yogyakarta, M Irwansyah Putra menyerahkan langsung bantuan oksigen didampingi Kepala Dinas ESDM Provinsi Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko di RSUD Tugurejo Semarang, Kamis (15/7/2021).

Irwansyah mengatakan, melalui bantuan ini diharapkan dapat membantu dan memenuhi kebutuhan oksigen di rumah sakit. ‘’Sebab, oksigen adalah alat penunjang yang krusial bagi para tenaga medis yang tengah berjuang menangani pasien COVID-19 saat ini,’’ ungkapnya melalui keterangan resmi, Kamis (15/7/2021).

Baca Juga: COVID-19 Tinggi, Jaringan Listrik 320 Rumah Sakit Jateng DIY Dijaga

2. Bantuan oksigen akan diberikan secara bertahap

4 RS di Jateng dan DIY Didrop 11,9 Ton Oksigen untuk Tangani COVID-19Rumah sakit di Jateng dan DI Yogyakarta terima dropping oksigen. (dok. PLN UID Jateng dan DIY)

Sebelumnya, PLN juga telah menyerahkan bantuan kepada RSUP Dr Kariadi berupa 5 uninterruptible power supply (UPS) server 10 kVA untuk memperkuat keandalan listrik RS dan 8 AC standing portable 5 PK, serta 5 unit oksigen portable pada Selasa (13/7/2021).

Adapun melalui bantuan dari PLN pusat, sejumlah rumah sakit di Jawa Tengah juga menerima bantuan berupa 5 oksigen portable, 3 unit ventilator mobile, dan 72 ton oksigen lorry tank. Pemberian bantuan ini disesuaikan dengan kebutuhan di RSUP Dr Kariadi dan rumah sakit lain di Jateng. Sesuai rencana, PLN juga akan menyalurkan 72 ton oksigen secara bertahap ke sejumlah rumah sakit di Jateng.

Direktur RSUD Tugurejo, dokter Haryadi Ibnu Junaedi mengapresiasi bantuan oksigen yang diberikan oleh PLN.

3. PLN dan Dinas ESDM Jateng berkoordinasi cari pasokan dari distributor oksigen

4 RS di Jateng dan DIY Didrop 11,9 Ton Oksigen untuk Tangani COVID-19Rumah sakit di Jateng dan DI Yogyakarta terima dropping oksigen. (dok. PLN UID Jateng dan DIY)

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah membantu kami untuk pengisian liquid oksigen. Ini sesuatu yang sangat bermanfaat bagi kami dan bisa menyelamatkan pasien COVID-19 di rumah sakit," ungkapnya.
Senada dengan Haryadi, Wakil Direktur Pelayanan RSUD Kraton Pekalongan, dokter Zaki Mubarok mengungkapkan, bantuan ini akan sangat mendukung penanganan pasien COVID-19 di Kabupaten Pekalongan.

"Bantuan dari PLN ini sangat kami harapkan dan dibutuhkan oleh pasien-pasien kami terutama pasien COVID-19 yang dirawat di tempat kami,’’ katanya.

Ke depan, PLN terus berupaya mendapatkan oksigen dan distributornya agar bisa menyalurkan kembali ke beberapa rumah sakit lainnya di wilayah Jateng dan DIY. Proses penyaluran oksigen ini akan dilakukan secara bertahap melalui koordinasi dengan Dinas ESDM Jateng.

Baca Juga: Cara Cek Tagihan Listrik Lewat WA dan PLN Mobile, Tak Hanya di PLN 123

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya