Daftar 9 Jalan di Semarang yang Ditutup Menjelang Tahun Baru 2021

Penutupan jalan sampai 2 Januari 2021

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang melakukan tindakan tegas guna membatasi mobilitas warga saat libur Tahun Baru 2021 pada saat pandemik virus corona (COVID-19). Dinas Perhubungan Kota Semarang menutup sejumlah ruas jalan utama di Ibu Kota Jawa Tengah itu, mulai 31 Desember 2020 sampai 2 Januari 2021.

1. Penutupan jalan dilakukan selama tiga hari

Kebijakan tersebut berlaku mulai 31 Desember pukul 18.00 WIB hingga 2 Januari 2021 pukul 06.00 WIB.

Ruas jalan yang bakal ditutup antara lain, sebagai berikut.

  1. Jalan Pemuda dari Mal Paragon sampai Tugu Muda
  2. Kota Lama dari simpang Letjend Suprapto/Cenderawasih sampai Jembatan Mberok
  3. Jalan Pandanaran dari Tugu Muda sampai Simpang Lima
  4. Jalan Gajah Mada dari Simpang Lima sampai Simpang Gendingan
  5. Jalan Pahlawan dari Air Mancur sampai Simpang Lima
  6. Jalan Ahmad Yani dari Simpang RRI sampai Simpang Lima
  7. Jalan Dr Wahidin dari Simpang Kaliwiru sampai Sisingamangaraja
  8. Jalan Tanjung dari Simpang Imam Bonjol sampai Simpang Pemuda
  9. Jalan Lamper Tengah Raya

Baca Juga: Tahun Baru di Semarang, Aktivitas Warga Dibatasi hingga Pukul 23.00

2. Penutupan jalan dilakukan karena kasus virus corona di Semarang meninggi

Daftar 9 Jalan di Semarang yang Ditutup Menjelang Tahun Baru 2021Ilustrasi penanganan pasien virus corona. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, Endro P Martanto menyatakan, pihaknya bersama Satlantas telah menyepakati untuk menutup ruas jalan kunci yang ada di Kota Semarang.

‘’Upaya ini untuk meminimalisir kerumunan mengingat situasi pandemik COVID-19 dan saat ini grafik kasus aktif juga naik lagi. Sehingga, untuk mencegah kasus positif bertambah kami sepakati dengan penutupan jalan. Sebab, seperti yang sudah-sudah biasanya jelang pergantian tahun euforia masyarakat untuk merayakan di luar rumah sangat tinggi,’’ ungkapnya saat dihubungi IDN Times, Kamis (31/12/2020).

Selain 9 ruas jalan tersebut, Dishub Semarang bersama pihak terkait juga akan melakukan rekayasa penutupan jalan di wilayah Gombel. Mengingat termpat tersebut biasanya digunakan untuk merayakan malam pergantian tahun.

‘’Tujuannya di sini yaitu untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat,’’ imbuhnya.

Sementara selama momen tahun baru, sebanyak 400 personel Dishub Semarang diterjunkan untuk mengawasi pergerakan masyarakat di sejumlah posko terpadu di Kota Semarang. Posko tersebut berada di Pos Tugu Muda, Pos Simpang Lima, induk ATCS di Tambak Aji, dan Pos BKO dengan jajaran kepolisian di pintu tol Kalikangkung.

3. Aktivitas dan kegiatan warga di luar juga dibatasi saat malam tahun baru hingga pukul 23.00 WIB

Daftar 9 Jalan di Semarang yang Ditutup Menjelang Tahun Baru 2021ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Terpisah, Satpol PP Kota Semarang juga akan menertibkan dengan membubarkan keramaian saat malam pergantian tahun baru. Adapun, aktivitas warga pada malam tahun baru dibatasi hingga pukul 23.00 WIB. 

Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, tindakan tegas bersama Satgas COVID-19 tersebut mengacu imbauan Gubernur Jawa Tengah, Polda Jateng dan Peraturan Wali Kota Semarang Nomor 57 Tahun 2020 tentang peribadatan dan perayaan malam tahun baru.

‘’Untuk mengantisipasi keramaian, kami akan memberlakukan pembatasan aktivitas warga. Setelah pukul 23.00 WIB jelang waktu pergantian tahun kami himbau masyarakat tidak menggelar aktivitas yang menimbulkan keramaian atau kerumunan,’’ tandasnya. 

Baca Juga: Sedih! Ada 912 Kasus Aktif Virus Corona di Semarang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya