Gibran Muncul di Dugderan Semarang, Ajak Garap Situs Warisan Budaya 

Disahkan lewat MoU

Semarang, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menghadiri prosesi Kirab Budaya Dugderan di Kota Semarang, Selasa (21/3/2023). Kedatangan orang nomor satu di Kota Solo itu sekaligus melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang dalam pengembangan pariwisata dan budaya di kedua daerah tersebut. 

1. Kembangkan pariwisata dan budaya bersama

Gibran Muncul di Dugderan Semarang, Ajak Garap Situs Warisan Budaya Kirab dan prosesi Dugderan di Kota Semarang. (dok. Pemkot Semarang)

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) itu dilakukan oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu. 

MoU yang ditandatangani kedua kepala daerah itu terkait konsep kerja sama pengembangan pariwisata dan budaya antara kedua kota besar di Jawa Tengah. 

“Alhamdulillah, dugderan sudah bisa dilakukan secara penuh pada tahun ini. Selain itu, tadi ada kegiatan penandatanganan terkait pariwisata antara Pemerintah Kota Solo dan Pemerintah Kota Semarang,” ungkap perempuan yang akrab disapa Ita. 

Baca Juga: 6 Tahun Ditata Ulang, Kota Lama Semarang Diklaim Geser Popularitas Borobudur

2. Akan lakukan penelitian dan penggalian situs warisan budaya

Gibran Muncul di Dugderan Semarang, Ajak Garap Situs Warisan Budaya IDN Times/Dhana Kencana

Kerja sama yang akan dijalankan mencakup penelitian dan penggalian situs-situs warisan budaya di Semarang dan Solo. 

“Kami juga akan bekerja sama dalam hal penelitian sejarah situs-situs warisan budaya dari Kota Semarang dan Solo. Sebab, sebenarnya sejarah Kota Semarang ini tidak lepas dari Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Mataram. Sehingga, kami nanti berencana akan membuat story telling antara keterkaitan Solo dan Semarang,” pungkas Ita.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan, harapannya agar ke depan sektor budaya dan pariwisata di kedua kota besar Jawa Tengah itu hidup dan saling mendukung karena terhubung dari sisi transportasi dan kebudayaan.

3. Jangan sampai ada event yang berbenturan

Gibran Muncul di Dugderan Semarang, Ajak Garap Situs Warisan Budaya Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu memimpin kirab budaya dugderan, Selasa (21/3/2023). (dok. Pemkot Semarang)

“Harapannya kegiatan-kegiatan kebudayaan dan pariwisata bisa dilaksanakan oleh Pemkot Solo dan Pemkot Semarang, kan sudah ada tol yang menghubungkan Semarang dan Solo jadi dekat,” jelasnya.

Gibran menambahkan, dengan adanya kerja sama ini maka tidak ada lagi event-event yang jadwalnya saling berbenturan sehingga tidak membingungkan masyarakat. 

“Harapannya bisa sinergi, terutama terkait jadwal event agar tidak bertabrakan antara Solo dan Semarang,” pungkasnya.

Baca Juga: 2 Tahun Vakum, Semarang Kembali Gelar Dugderan, Bakal Ada Bom Balon

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya