Kaligawe dan Genuk Masih Banjir, PLN Terus Lokalisir Instalasi Listrik

Imbau warga matikan instalasi listrik saat banjir

Semarang, IDN Times - Kawasan Kaligawe dan Genuk, Kota Semarang masih terendam banjir pada Senin (2/1/2023). Petugas PLN hingga saat ini juga masih terus melokalisir instalasi listrik.

1. PLN siapkan media pelaporan bagi pelanggan

Kaligawe dan Genuk Masih Banjir, PLN Terus Lokalisir Instalasi ListrikIlustrasi Pelanggan PLN (Dok. PLN)

Dalam kondisi tersebut, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang menyiapkan media pelaporan 24 jam melalui Contact Center 123 serta SuperApps PLN Mobile.

Manager PLN UP3 Semarang, Elpis Sinambela mengatakan, penanganan gangguan listrik saat banjir ini membutuhkan peran serta stakeholder dan masyarakat.

“Dengan kondisi angin kencang dan hujan deras, potensi bahaya akan semakin meningkat. Kami membutuhkan peran serta masyarakat serta seluruh stakeholder untuk bersama-sama menjaga diri dan instalasi listrik,” ungkapnya, Senin (2/1/2023).

Baca Juga: Lokasi Dapur Umum Korban Banjir Semarang, Sediakan 4.000 Nasi Bungkus

2. Pemadaman listrik dilakukan bila berpotensi bahaya

Kaligawe dan Genuk Masih Banjir, PLN Terus Lokalisir Instalasi ListrikPetugas PLN mematikan aliran listrik di kawasan terdampak banjir di Kota Semarang. (dok. PLN UID Jateng dan DIY)

Selain itu, demi keselamatan bersama PLN meminta izin untuk melakukan pemadaman listrik pada daerah yang berpotensi membahayakan.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut. Kami mengetahui bahwa listrik merupakan kebutuhan bagi masyarakat, tetapi sesuai prosedur keselamatan, aliran listrik harus dipadamkan apabila berpotensi bahaya,” jelasnya..

Sementara itu, sesuai dengan informasi BMKG, cuaca ekstrem diprediksi masih terjadi di Jawa Tengah. PLN bersama Polrestabes Semarang mengimbau agar warga menjaga instalasi listrik.

3. Matikan instalasi listrik jika ada genangan air

Kaligawe dan Genuk Masih Banjir, PLN Terus Lokalisir Instalasi ListrikPetugas PLN mematikan aliran listrik di kawasan terdampak banjir di Kota Semarang. (dok. PLN UID Jateng dan DIY)

Wakapolrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi menyampaikan, bahwa masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan mengingat banjir masih berpotensi terjadi di Kota Semarang.

“Kami imbau agar masyarakat tetap waspada dan awasi sekitarnya. Apabila ada genangan air, segera periksa dan pastikan (matikan) instalasi listrik di rumah,” ungkapnya.

Ardi menambahkan, agar masyarakat segera menghubungi PLN apabila menemukan potensi bahaya di sekitarnya terkait dengan aliran listrik.

Baca Juga: Pompa Air Portable Disiagakan untuk Penanganan Banjir di Semarang 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya