194 Ribu Lansia di Semarang Jadi Sasaran Percepatan Vaksinasi COVID-19

Cukup bawa KTP langsung bisa divaksinasi!

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menyambut baik ditunjuknya Kota Semarang sebagai lokasi upaya percepatan vaksinasi yang dilakukan Kementerian BUMN. Sebanyak 194.000 lansia menjadi sasaran percepatan vaksinasi COVID-19 tersebut.

1. Nakes, tenaga pendidikan, dan pelayan publik sudah divaksinasi

194 Ribu Lansia di Semarang Jadi Sasaran Percepatan Vaksinasi COVID-19Dok. Humas Pemkot Semarang

Kementerian BUMN bersama Kementerian Kesehatan membuka Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di PRPP Jawa Tengah Semarang pada Minggu (21/3/2021). Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan vaksinasi bagi garda terdepan BUMN dan lansia di Ibu Kota Jawa Tengah.

“Setelah rampung melaksanakan vaksinasi bagi tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan serta pelayan publik, bantuan vaksinasi bagi lansia ini tentu membantu Kota Semarang dalam mempersiapkan pemulihan produktivitas dan aktivitas kota pasca-pandemik,” ungkap Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi melalui keterangan resmi yang diterima IDN Times, Minggu (21/3/2021).

Baca Juga: Takut Disuntik Vaksin, Curhatan Pedagang Pasar Semarang

2. Target vaksinasi kepada 5.000 lansia per hari dikejar

194 Ribu Lansia di Semarang Jadi Sasaran Percepatan Vaksinasi COVID-19Vaksinasi lansia di Sentra Vaksinasi BUMN di PRPP Jateng Semarang. Dok. Pertamina MOR IV Jateng-DIY.

Lelaki yang akrab disapa Hendi itu berharap, dengan adanya sentra vaksinasi di Kota Semarang ini percepatan proses vaksinasi di Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang dapat terealisasi.

"Ada sekitar 194.000 lansia di Kota Semarang yang menjadi sasaran percepatan vaksinasi, targetnya selama dua bulan dapat menyasar 5.000 lansia per hari. Semoga berjalan lancar sesuai target, sehingga juga dapat mempercepat pemulihan ekonomi di Kota Semarang," imbuhnya.

Sementara itu, Menteri BUMN, Erick Thohir menjelaskan bahwa sesuai arahan presiden pihaknya mulai mengembangkan sentra vaksinasi di Kota Semarang sebagai upaya percepatan vaksinasi khususnya bagi lansia.

“Program sentra vaksinasi ini ditujukan terbuka bagi lansia di Kota Semarang dan garda terdepan BUMN. Nanti secara bertahap juga dilaksanakan di wilayah Jawa Tengah. Tinggal bawa KTP Semarang lalu kami akan bantu vaksinasi. Target kami dua bulan vaksinasi terhadap lansia bisa selesai semua,” tuturnya.

3. Pemprov Jateng minta percepatan vaksinasi di Solo dan Banyumas

194 Ribu Lansia di Semarang Jadi Sasaran Percepatan Vaksinasi COVID-19Vaksinasi lansia di Sentra Vaksinasi BUMN di PRPP Jateng Semarang. IDN Times/Pertamina MOR IV Jateng-DIY.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan, terdapat lebih kurang 3 juta lansia di Jawa Tengah. Pihaknya meminta Menteri BUMN untuk melakukan percepatan vaksinasi di titik lain di Jawa Tengah khususnya Kota Surakarta (Solo) dan Kabupaten Banyumas. Pihaknya berharap akan ada pemerataan vaksinasi

“Meskipun target pelaksanaan cukup tinggi, namun dengan adanya bantuan dari berbagai pihak seperti Kementreian BUMN dan TNI Polri akan mempercepat proses vaksinasi. Yang perlu dipahami oleh masyarakat, harus mengantre karena harus melihat jumlah vaksin yang tersedia,” imbuhnya.

Sebelumnya sentra vaksinasi bersama juga telah dilaksanakan di Gedung Istora Senayan Jakarta. Fasilitas tersebut diadakan guna mendukung percepatan program vaksinasi nasional yang ditargetkan akan mencapai satu juta bulan pada akhir Maret 2021.

Program itu diharapkan dapat memacu sektor industri baik milik swasta maupun pemerintah. Percepatan vaksinasi juga diharapkan mampu meningkatkan produktivitas sektor industri sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi pada masa pandemik COVID-19.

Baca Juga: Gratis! RS Swasta di Semarang Layani Vaksinasi Lansia, Ini Alurnya  

https://www.youtube.com/embed/df8gdRD17Xk

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya