Comscore Tracker

Penyebab Kebakaran Sam Poo Kong Semarang: Api Abadi Lilin Donasi

Bermula dari lilin kecil yang membakar plastik bungkus lain

Semarang, IDN Times - Kebakaran terjadi di kompleks Kelenteng Sam Poo Kong Semarang, Senin (17/5/2021). Si jago merah melalap bangunan semi permanen tempat penyalaan lilin untuk peringatan Tahun Baru Imlek di depan bangunan utama kelenteng tersebut. 

1. Kebakaran Kelenteng Sam Poo Kong viral di media sosial

Kabar tersebut beredar dan viral di media sosial salah satunya di Instagram @infokejadiansemarang. Dari video yang diunggah tampak asap hitam membumbung tinggi dari dalam kompleks Kelenteng Sam Poo Kong. Kejadian tersebut juga menarik perhatian pengendara kendaraan maupun warga yang lewat di kawasan itu.

Salah seorang warga yang tinggal di dekat Kelenteng Sam Poo Kong, Agus mengaku melihat asap membumbung sekitar pukul 07.00 WIB.

"Saya dan beberapa tetangga langsung mendatangi lokasi kebakaran, ternyata tempat yang biasanya untuk menyalakan lilin di kelenteng," katanya melansir Antara.

Baca Juga: Ribuan Peziarah Kumpul di Makam Bergota Semarang, Satpol PP Nyerah

2. Dua unit mobil pemadam kebakaran berhasil memadamkan api

Penyebab Kebakaran Sam Poo Kong Semarang: Api Abadi Lilin DonasiTempat penyalaan lilin di Kelenteng Sam Poo Kong terbakar. (dok. Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang)

Dia bersama sejumlah pengendara yang melintas hanya bisa melihat kebakaran dari bagian luar Kelenteng Sam Poo Kong. Sekitar satu jam kemudian, petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi berhasil memadamkan api di tempat penyalaan lilin, sehingga tidak sampai menjalar ke bangunan utama objek wisata di Kota Semarang itu.

Petugas Damkar Kota Semarang mengerahkan dua unit mobil pemadam untuk memadamkan kebakaran. Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran bermula dari api lilin berukuran besar yang meleleh kemudian membakar bangunan semi permanen.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu, namun kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp10 juta. 

3. Kejadian bermula dari lilin kecil membakar plastik pembungkus lilin besar sebelahnya

Penyebab Kebakaran Sam Poo Kong Semarang: Api Abadi Lilin DonasiGeneral Manager Operasional Wisata Sam Poo Kong, Anandita Rinaldi. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Sementara, General Manager Operasional Wisata Sam Poo Kong, Anandita Rinaldie menjelaskan, kebakaran terjadi pada pukul 06.30 WIB. Bangunan tempat menaruh lilin donasi terbakar. 

‘’Ada empat buah lilin di bangunan itu yang terdiri atas dua lilin besar dan dua lilin kecil. Kebakaran terjadi karena lilin kecil membakar plastik pembungkus lilin besar sebelahnya. Adapun, lilin-lilin ini merupakan donasi dari warga yang setiap imlek diganti,’’ ungkapnya saat dikonfirmasi IDN Times.

Lilin di bangunan tersebut terus dinyalakan karena ada kepercayaan jika berdonasi lilin maka doa mereka yang berdonasi akan abadi selama setahun. Kendati demikian, lilin yang menyala itu justru mengakibatkan kebakaran. 

‘’Saat kejadian tim security kami mencoba memadamkan, tapi karena apinya cukup besar kami langsung memanggil pemadam kebakaran dan pukul 07.15 WIB api mulai bisa dipadamkan. Saat ini kondisi Kelenteng Sam Poo Kong sudah kondusif dan bisa dikunjungi dengan protokol kesehatan yang berlaku,’’ tandas Anandita.

Baca Juga: Masih Pandemik COVID-19, 850 Turis Liburan Padati Goa Kreo Semarang

https://www.youtube.com/embed/_jfbwKNnpRY

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya