Punya Stok 110 Ribu Ton, Penyaluran Beras Saat PPKM Level 4 Dikebut 

Bulog terus lakukan penyerapan beras gabah saat pandemik

Semarang, IDN Times - Stok beras di gudang Bulog Kanwil Jawa Tengah aman selama penerapan perpanjangan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat Level 4. Saat ini Bulog juga terus mengebut penyaluran program bantuan beras PPKM 2021 ke sejumlah daerah di Jawa Tengah.

1. Aktivitas penyerapan beras di masa pandemik tetap berjalan

Punya Stok 110 Ribu Ton, Penyaluran Beras Saat PPKM Level 4 Dikebut Wakil Pemimpin Wilayah Perum BULOG Kanwil Jateng, Muhson. (dok. Bulog Kanwil Jateng)

Wakil Pemimpin Wilayah Perum BULOG Kanwil Jateng, Muhson mengatakan, sekarang ini cadangan beras masih dalam posisi aman. Stok beras Bulog di wilayah Jateng mencapai sekitar 110 ribu ton.

‘’Beras ini merupakan hasil produksi dalam negeri dan ketahanan stoknya masih akan mencukupi hingga akhir tahun," ungkapnya saat dihubungi, Kamis (22/7/2021).

Untuk menambah jumlah stok beras hingga saat ini Bulog masih terus melakukan penyerapan beras gabah dari petani. Hal itu dilakukan meskipun di masa pandemik COVID-19.

Baca Juga: 22.260 Ton Beras PPKM Disalurkan ke Warga Jateng Terdampak COVID-19

2. Sebanyak 228 ton bantuan beras PPKM sudah disalurkan

Punya Stok 110 Ribu Ton, Penyaluran Beras Saat PPKM Level 4 Dikebut Pekerja memeriksa kualitas beras di Gudang Perum Bulog Sub Divre Pekalongan, Desa Munjung Agung, Tegal, Jawa Tengah, Selasa (7/4/2020). Menurut Perum Bulog Sub Divre Pekalongan, jelang Ramadan dan upaya penanganan COVID-19 stok beras di wilayah Pekalongan, Tegal dan Brebes cukup untuk enam bulan kedepan sebanyak 30.000 ton setara beras. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Selanjutnya dalam situasi pandemik ini, Bulog juga terus mengebut penyaluran program Bantuan Beras PPKM 2021. Sejak penyaluran perdana yang dilakukan pada Minggu (18/7/2021) hingga Selasa (20/7/2021), sedikitnya telah disalurkan 228 ton beras bantuan.

Muhson menjelaskan, jumlah yang telah disalurkan tersebut masing-masing terdiri dari 54.660 kg untuk Kabupaten Demak (Kecamatan Demak), 35.540 kg untuk Kabupaten Blora (Kecamatan Jepon), 11.940 kg untuk Kabupaten Sragen (Kecamatan Masaran), 4.840 kg untuk Kota Surakarta (Kecamatan Pasar Baru), dan 181.114 kg untuk Kota Tegal (Kecamatan Tegal Timur, Tegal Selatan, Tegal Barat, dan Margadana).

"Adapun target penyaluran Bantuan Beras PPKM 2021 untuk wilayah Jawa Tengah diluar karesidenan Kedu dan Banyumas sebesar 22.260.760 kg, yang diperuntukan bagi 2.226.076 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang terdiri dari 1.031.400 KPM Bantuan Sosial Tunai (BST) dan 1.194.676 KPM Program Keluarga Harapan (PKH)," jelasnya.

3. Masing-masing KPM terima 10 kg beras

Punya Stok 110 Ribu Ton, Penyaluran Beras Saat PPKM Level 4 Dikebut Ilustrasi gudang beras. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Saat ini Bulog terus berupaya dan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan dinas sosial untuk mempercepat proses pengiriman beras bantuan. Adapun, melalui program bantuan ini diharapkan dapat mengurangi beban kebutuhan pangan masyarakat selama pandemik COVID-19 dan berlakunya PPKM.

"Bantuan beras ini merupakan salah satu dari beberapa program bantuan yang diberikan sebagai wujud kepedulian pemerintah di masa pandemik COVID-19. Penyaluran beras bantuan ini menggunakan cadangan beras pemerintah dengan kualitas medium, dimana masing-masing KPM akan menerima 10 kg,’’ katanya.

Beras tersebut, imbuh Muhson, diambilkan dari seluruh gudang beras yang ada di 4 cabang operasional Bulog Kanwil Jateng, meliputi Kantor Cabang Semarang, Pati, Surakarta dan Pekalongan, yang membawahi 25 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah,’’ tandasnya.

Baca Juga: Siaga Merapi, Bulog Jateng Siapkan 50 Ribu Ton Cadangan Beras

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya