Comscore Tracker

Semarang Night Carnival 2021 Tampil Beda Saat Pandemik COVID-19 

Akan digelar di GOR Jatidiri secara terbatas

Semarang, IDN Times - Perhelatan Semarang Night Carnival (SNC) 2021 kembali digelar meski di tengah pandemik, Rabu (17/11/2021). Kegiatan karnaval rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Pemkot Semarang ini akan tampil berbeda kali ini. 

1. Semarang Night Carnival digelar secara luring dan daring

Semarang Night Carnival 2021 Tampil Beda Saat Pandemik COVID-19 Persiapan Semarang Night Carnival 2021 yang akan digelar secara daring dan luring, Rabu (17/11/2021). (dok. Disbudpar Kota Semarang)

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Indriyasari mengatakan, Semarang Night Carnival tahun ini akan digelar secara luring dan daring dengan pembatasan-pembatasan sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah. Hal ini karena saat ini status Kota Semarang masih PPKM level 1.

‘’Kegiatan ini digelar bersamaan dengan Festival HAM 2021 pada 16--19 November 2021 sebagaimana Semarang menjadi tuan rumah. Kami kembali menyelenggarakan SNC 2021 ini sebab pada tahun lalu tertunda karena pandemik COVID-19,’’ ungkapnya dalam keterangan resmi, Jumat (12/11/2021).

Baca Juga: Kudu Mampir! 5 Tempat Wisata Budaya di Semarang ini Punya Banyak Kisah

2. Angkat tema ‘Kemilau Nusantara’

Semarang Night Carnival 2021 Tampil Beda Saat Pandemik COVID-19 Model memeragakan kostum Semarang Night Carnival 2021 yang akan digelar pada Rabu (17/11/2021). (dok. Disbudpar Kota Semarang)

SNC 2021 ini mengangkat tema ‘Kemilau Nusantara’ dan akan memperagakan lima kostum yang terinspirasi dari lima destinasi super prioritas yang sudah dicanangkan Presiden RI Joko Widodo. Kostum tersebut antara lain bertema Danau Toba di Sumatra Utara, Candi Borobudur di Jawa Tengah, Labuan Bajo di NTT, Mandalika di NTB, dan Likupan di Sulawesi Utara.

"Kami telah melakukan persiapan sedemikian rupa, bahkan jauh-jauh hari para peserta kami yakinkan untuk selalu siap. Ketika memang kondisi pandemik sudah memungkinkan untuk melaksanakan event besar maka SNC akan kembali digelar. Alhamdulillah, Kota Semarang sudah masuk level 1, jadi masih memungkinkan untuk mengadakan event besar. Namun, yang pasti tetap melakukan pembatasan sesuai aturan dan menerapkan prokes yang ketat," jelas perempuan yang akrab disapa Iin itu.

Pemkot Semarang sudah menggelar workshop SNC sebanyak delapan kali sebagai persiapan, yakni mulai 8--13 November 2021. Adapun, materi workshop yang diberikan kepada peserta SNC ada make up, kostum, runway, koreografi, tari, dan ekspresi.

3. Bisa disaksikan lewat YouTube Disbudpar Kota Semarang

Semarang Night Carnival 2021 Tampil Beda Saat Pandemik COVID-19 Persiapan Semarang Night Carnival 2021 yang akan digelar secara daring dan luring, Rabu (17/11/2021). (dok. Disbudpar Kota Semarang)

‘’Semarang Night Carnival ini rutin digelar setiap tahun karena bagian dari promosi daerah dan juga pastinya akan meningkatkan kegiatan perekonomian di kota ini,’’ imbuh Iin.

Sementara, karena masih di tengah pandemik maka pelaksanaan SNC 2021 akan ditempatkan di GOR Jatidiri Semarang secara luring dengan pembatasan mulai jumlah peserta, pengisi acara, maupun tamu undangan.

‘’Semua pendukung acara dan peserta akan di-swab antigen dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Sedangkan, masyarakat Kota Semarang yang ingin menyaksikan perhelatan ini bisa menonton melalui YouTube Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Semarang.

Baca Juga: 9 Gedung Cagar Budaya di Semarang yang Terawat Baik, Wisata Sejarah

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya