Semarang Night Carnival Hadir di Semarak Jejakk Indonesia, Cek Lokasi

Program Kemenpar untuk pengembangan kabupaten/kota kreatif

Semarang, IDN Times - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar acara Semarak Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif (Jejakk) Indonesia 2023 pada 19–21 Mei. Sebagai tuan rumah, Kota Semarang akan menampilkan karnaval Semarang Night Carnival di Kawasan Kota Lama. 

1. Berjejaring dalam skala nasional

Semarang Night Carnival Hadir di Semarak Jejakk Indonesia, Cek LokasiIlustrasi Semarang Night Carnival (dok. Humas Pemkot Semarang)

JejaKK merupakan salah satu bentuk aktivasi dari program pengembangan kabupaten/kota kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia.

Kegiatan tersebut dirancang untuk mendorong inisiatif dari setiap kabupaten/kota yang sudah menerapkan Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I). 

Baca Juga: 10 Wisata Museum di Semarang, Bisa Liburan Sambil Belajar

2. Ruang bagi pelaku ekonomi kreatif

Semarang Night Carnival Hadir di Semarak Jejakk Indonesia, Cek LokasiANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Tujuan Jejakk sendiri merupakan wujud komitmen berjejaring dalam skala nasional. Adapun, kali ini mengangkat tema 'Kolaborasi menuju jejaring KaTa kreatif berkelanjutan'. 

"Alhamdulillah, Semarak Jejakk Kreatif ini merupakan event perdana dan akan menjadi role model dari Kemenparekraf untuk dilaksanakan rutin nantinya. Kegiatan ini sebagai upaya untuk mengaktivasi atau mereaktivasi kabupaten dan kota kreatif di Indonesia sehingga para pelaku ekonomi kreatif makin mendapatkan ruang gerak dan tempat untuk mempresentasikan diri," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Wing Wiyarso, Kamis (18/5/2023).

Kegiatan Semarak Jejakk Indonesia akan dilaksanakan pada 19–21 Mei 2023 secara hybrid yaitu luring dan daring. Kegiatan luring akan berlokasi di kawasan Kota Lama Semarang dan daring akan dilakukan secara live streaming dan zoom meeting.

3. Libatkan 109 kabupaten/kota

Semarang Night Carnival Hadir di Semarak Jejakk Indonesia, Cek LokasiIlustrasi tari semarangan pada Perayaan HUT ke-476 Kota Semarang (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Pada acara tersebut akan melibatkan 109 kabupaten/kota ekosistem kata kreatif dengan rangkaian kegiatan antara lain, Semarang Night Carnival, pagelaran orkestra, forum diskusi KaTa kreatif Indonesia. Kemudian, pagelaran seni pertunjukan, fashion show, local market meet up, busines meeting, coaching ekraf, live cooking kuliner, serta nonton bareng film ekraf.

Secara spesial Semarang Night Carnival (SNC) akan hadir dan meramaikan acara. Mengusung tema The Luxury, SNC akan menampilkan empat subtema antara lain, kipas, keris, lotus, dan chandelier. Adapun, kegiatan ini akan digelar pada Jumat (19/5/2023) pukul 19.00 WIB di Kota Lama Semarang.

"Tentunya melalui kegiatan ini menjadi satu peluang momentum bagi kota Semarang untuk makin mempercepat eksplorasi dan pemulihan ekonomi lokal,’’ tandas Wing.

Baca Juga: Semarang Night Carnival 2021 Tampil Beda Saat Pandemik COVID-19 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya