Telan Biaya Rp249 Juta Pasar Johar Semarang Diresmikan Jokowi 

Bangunan cagar budaya Pasar Johar jadi landmark Semarang

Semarang, IDN Times - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Johar Semarang, Rabu (5/1/2022). Bangunan cagar budaya tersebut dapat kembali dimanfaatkan sebagai pusat aktivitas ekonomi di Ibu Kota Jawa Tengah setelah direnovasi pasca terbakar pada tahun 2015. 

1. Pasar Johar sudah bisa dimanfaatkan masyarakat Semarang

Telan Biaya Rp249 Juta Pasar Johar Semarang Diresmikan Jokowi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Johar Semarang, Rabu (5/1/2022). (Youtube/Sekretariat Negara))

‘’Alhamdulillah, Pasar Johar yang terdiri dari Pasar Johar Utara, Tengah, Selatan dan Pasar Kanjengan hari ini siap ditempati dan dimanfaatkan oleh para pedagang. Selain itu, juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berbelanja kebutuhannya,’’ ungkapnya dalam sambutan, Rabu (5/1/2022).

Menurut Jokowi, pasar merupakan pusat aktivitas perekonomian rakyat yang sangat penting untuk menggerakkan ekonomi. Maka, perlu dijaga apalagi bangunan tersebut merupakan cagar budaya.

‘’Saya gembira bisa melihat langsung pasar yang sudah direnovasi, yang lebih bersih dan tertata karena ini bangunan cagar budaya,’’ tuturnya.

Baca Juga: Pedagang Pasar Johar Semarang Geruduk Kantor Dinas Perdagangan

2. Jokowi pesan agar Pasar Johar dijaga kebersihan dan keamanannya

Telan Biaya Rp249 Juta Pasar Johar Semarang Diresmikan Jokowi instagram.com/joharsemarang

Sebelum meresmikan, presiden berkesempatan meninjau kondisi bangunan cagar budaya yang telah selesai direvitalisasi itu. Lebih kurang 30 menit Presiden mengecek kondisi dalam Pasar Johar Utara, Tengah, dan Selatan tersebut dan berinteraksi dengan para pedagang.

"Saya titip, jaga kebersihan, jaga keamanannya sehingga pasar ini betul-betul menjadi pasar yang bersih, rapi, tertata, dan tidak jadi pasar yang kotor dan bau. Sebab, pasar yang sudah bagus dan rapi ini akan menjadi pasar yang ramai. Mari mengembalikan kejayaan Pasar Johar masa lalu dan sebagai landmark Kota Semarang," ujarnya.

3. Pembangunan Pasar Johar telan biaya Rp249 miliar

Telan Biaya Rp249 Juta Pasar Johar Semarang Diresmikan Jokowi instagram.com/imelda_akmal

Sementara itu, dalam sambutannya, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa Pasar Johar dibangun dengan menggunakan dana APBN. Adapun, untuk merevitalisasi Pasar Johar menjadi pasar yang lebih bersih, modern, tertata tersebut dan tidak menghilangkan kaidah sebagai bangunan cagar budaya, negara mengeluarkan biaya sebesar Rp 249 miliar.

‘’Pasar Johar Utara dan Tengah dibangun dengan biaya Rp 146 miliar, sementara Pasar Johar Selatan dibangun dengan biaya Rp 103 miliar. Kemudian, untuk meningkatkan daya tampung pedagang, dibangun Pasar Kanjengan yang masih berada dalam satu kawasan dengan anggaran Rp 20,3 miliar,’’ tandas Jokowi.

Baca Juga: Mulai 24 September, 2.300 Pedagang Balik ke Pasar Johar Renovasi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya