94.803 Warga Semarang Bakal Terima Bantuan Sosial Tunai via Rekening

Penerima adalah warga yang terdampak virus corona

Semarang, IDN Times - Sebanyak 94.803 warga Kota Semarang bakal menerima bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos). Penerima program BST tersebut merupakan warga yang telah terdata dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

1. Penerima adalah warga yang terdata di DTKS dan terdampak COVID-19

94.803 Warga Semarang Bakal Terima Bantuan Sosial Tunai via RekeningMensos Temui Warga, Cek Langsung Penyaluran Bansos Sembako. Dok. Kemensos

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Semarang, Muthohar mengatakan, selain warga yang sudah terdata dalam DTKS Kemensos, penerima BST adalah warga yang terdampak virus corona (COVID-19).

‘’Jadi setiap kelurahan kami minta mengusulkan warganya yang terdampak virus corona, namun belum masuk dalam data penerima program PKH maupun bantuan sembako,’’ ungkapnya saat dihubungi IDN Times, Rabu (29/4).

Baca Juga: Rekam Jejak Sri Mulyani, Bupati Klaten yang Disorot soal Bansos Corona

2. Kemensos menambah kuota penerima BST di Kota Semarang

94.803 Warga Semarang Bakal Terima Bantuan Sosial Tunai via RekeningLayanan pengaduan Kemensos (Dok. Kemensos)

Dalam pemberian BST bagi warga Kota Semarang ini, awalnya pada surat pertama Kemensos hanya memberikan kuota 28.053. Kemudian, pada surat berikutnya ada tambahan lagi sehingga menjadi 94.083. Adapun, Kemensos akan memberikan BST selama tiga bulan, yaitu April, Mei, Juni 2020. 

‘’Sesuai rencana BST akan diberikan kepada warga setiap bulannya sebesar Rp600 ribu/keluarga,’’ tuturnya.

Kendati demikian, sampai sekarang Dinsos Kota Semarang belum mendapatkan instruksi terkait pembagian BST.

“Meskipun belum tahu bagaimana mekanisme pembagiannya menurut Kemensos, tapi kami sudah mulai menyusun mekanisme untuk penyalurannya ke warga. Sebab, jumlah penerimanya cukup banyak,’’ jelas Mutohar.

3. Mekanisme penyaluran BST menunggu informasi Kemensos

94.803 Warga Semarang Bakal Terima Bantuan Sosial Tunai via RekeningDok. Kemensos

Skema penyaluran BST sendiri dilakukan dengan transfer rekening agar masyarakat nanti tidak datang berbondong-bondong. Namun, untuk lebih jelasnya, Dinsos sedang menunggu info lebih lanjut dari Kemensos. 

Selain BST, lanjut Muthohar, sebelumnya Kemensos telah menyalurkan bantuan lain, yaitu program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT) yang sekarang berubah menjadi bantuan sosial program sembako. Untuk Kota Semarang, ada 23.006 keluarga penerima program PKH, sedangkan penerima program sembako terdapat 25.502 keluarga.  

‘’Selain dari Kemensos, untuk menangani COVID-19 Pemkot Semarang juga memberikan bantuan sosial berupa sembako. Adapun, bantuan tersebut menggunakan dana APBD dan sudah terdistribusi mulai bulan (April 2020) ini,’’ tandasnya.

Baca Juga: Kampanye Saat Corona, 2 Calon Pilkada 2020 di Jateng Ditegur Bawaslu

Topik:

  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya