10 Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Yuk Spill Nama-nama Item Gamelan

Berikut item gamelan

Indonesia memang terkenal akan keberagamannya, termasuk keberagaman alat musik. Di Jawa Tengah saja sudah ada banyak sekali alat musik, berikut merupakan 10 diantaranya.

Baca Juga: Perkenalkan Guys! Ini Dia Robot Gamelan Karya Mahasiswa Udinus, Bisa Main 24 Jam

1. Gambang

10 Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Yuk Spill Nama-nama Item Gamelanalat musik gambang (commons.wikimedia.org/Lany pirna)

Gambang merupakan alat musik tradisional yang berasal Jawa Tengah dan dimainkan dengan cara dipukul serta terdiri dari 18 bilah bambu dengan alat pemukul khusus.

Kegunaan dari gambang adalah untuk mengiringi lagu, khususnya sebagai pangrengga lagu, contohnya adalah pada kesenian gambang kromong.

2. Siter

10 Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Yuk Spill Nama-nama Item Gamelancuplikan instrumen siter pada gamelan jawa (instagram.com/moessongallery)

Kata "siter" berasal dari Bahasa Belanda "citer", ada juga yang menyatakan bahwa “siter” berasal dari Bahasa Inggris "zither".

Siter merupakan alat musik yang termasuk ke dalam gamelan jawa baik itu gamelan Jawa Tengah maupun gamelan Jawa Barat.

Siter pada umumnya mempunyai panjang sekitar 30 cm dan diisi dalam sebuah kotak ketika dimainkan, cara memainkannya adalah senar siter dimainkan dengan ibu jari, sedangkan jari lain digunakan untuk menahan getaran ketika senar lain dipetik.

3. Bonang

10 Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Yuk Spill Nama-nama Item Gamelanalat musik bonang (commons.wikimedia.org/Lany pirna)

Tak hanya siter, bonang juga merupakan alat musik yang biasa ditemukan dalam seperangkat gamelan Jawa Tengah dan terbuat dari logam-logam seperti besi, perunggu, atau kuningan serta memiliki bentuk menonjol pada bagian atas yang biasa disebut 'pencu atau pencon'.

Cara memainkan bonang adalah dengan cara dipukul atau yang biasa disebut dengan ditabuh bagian atasnya dengan bindhi yang merupakan alat pemukul khusus.

4. Kendang

10 Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Yuk Spill Nama-nama Item Gamelancuplikan beberapa kendang ageng, kendang ciblon, dan ketipung pada gamelan jawa (instagram.com/ widodo_laras_gamelan)

Kendang atau gendang juga merupakan salah satu instrumen tradisional dalam gamelan dari Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Kendang yang berfungsi untuk mengatur irama atau tempo lagu, terbuat dari kulit kerbau, tali rotan kayu nangka, kayu pohon cempedak atau kayu pohon kelapa.

Cara memainkan kendang adalah dengan dipukul atau ditepak menggunakan telapak tangan.

5. Saron

10 Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Yuk Spill Nama-nama Item Gamelanalat musik saron (commons.wikimedia.org/Culturehistory)

Saron merupakan alat musik gamelan yang masuk ke dalam kategori 'balungan', tidak banyak yang tahu alat musik ini.

Namun ketika mendengar nama dan gambar alat musik Jawa Tengah dengan julukan 'rindik' mungkin orang-orang mulai mengetahuinya.

6. Gender

10 Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Yuk Spill Nama-nama Item Gamelanalat musik gender (commons.wikimedia.org/Fir0002)

Gender merupakan alat musik Jawa Tengah yang berupa bilah besi dan ditegakkan dengan tali di atas bumbung-bumbung resonator. Cara memainkan Gender adalah dengan menabuh dengan alat tabuh khusus.

7. Kenong

10 Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Yuk Spill Nama-nama Item GamelanKenong (instagram.com/anna__s123)

Alat musik Jawa Tengah ini merupakan satu set instrumen jenis gong yang tidak digantung, namun berposisi horizontal yang berfungsi sebagai pemberi batasan struktur suatu gending.

8. Gong

10 Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Yuk Spill Nama-nama Item Gamelancuplikan instrumen gong kempul dan suwukan dalam gamelan jawa (instagram.com/widodo_laras_gamelan)

Di dalam rangkaian gamelan, gong berfungsi sebagai peran utama agar terwujud kombinasi alat musik yang berirama.

Gong terbuat dari tembaga serta timah, cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipukul.

9. Slenthem

10 Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Yuk Spill Nama-nama Item Gamelancuplikan instrumen slenthem dalam gamelan jawa (instagram.com/widodo_laras_gamelan)

Mungkin banyak orang belum mengetahui mengenai alat musik tradisional asal Jawa Tengah yang satu ini, padahal alat musik ini termasuk salah satu instrumen dari gamelan.

Slenthem terbagi dalam lembaran logam tidak tebal yang diuntai memakai tali dan direntangkan di atas tabung dan dimainkan dengan cara dipukul serta membuahkan dengungan rendah yang mengikuti suara saron, balungan, dan ricik.

10. Suling

10 Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Yuk Spill Nama-nama Item Gamelancuplikan instrumen suling pada gamelan jawa (instagram.com/suling_jawa)

Meski dapat ditemukan di daerah lain, namun suling dari Jawa Tengah ini merupakan alat musik yang populer oleh banyak kalangan.

Suling sendiri merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup dan menutup lubang atau nada yang bisa menghasilkan bunyi yang lembut.

Suling tradisional biasanya terbuat dari bambu, sedangkan bahan logam atau tembaga maupun plastik adalah bahan untuk membuat suling modern.

Itulah 10 alat musik dari Jawa Tengah, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga: Gamelan Keramat Peninggalan Ki Ageng Pandanaran Dimandikan Jelang Dugderan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya