Banjir Semarang Capai 1 Meter, Kota Lama Hingga Simpang Lima Terendam

Sepeda motor tak bisa melintas

Semarang, IDN Times - Banjir melanda kawasan Semarang pada Sabtu (6/2/2021). Hujan yang mengguyur sejak Jumat (5/2/2021) malam hingga Sabtu menyebabkan sejumlah kawasan di Ibu Kota Jawa Tengah itu terendam banjir.

Baca Juga: Sidak di Tegal dan Semarang, Ada Kakap,  Bakso Seafood Tercemar Ecoli

1. Kota Lama terendam banjir setinggi 50 cm

Banjir Semarang Capai 1 Meter, Kota Lama Hingga Simpang Lima TerendamBanjir di Kawasan Kota Lama Semarang. Dok. laporan warga di MIK Semar

Genangan air setinggi 30 cm-50 cm menggenangi ruas jalan sekitar sekitar Jalan Pemuda dan Jalan Agus Salim yang akan menuju Pasar Johar, tak hanya itu salah satu landmark Kota Semarang yakni Kota Lama juga ikut terendam genangan air.

Banjir melanda kawasan wisata sejarah peninggalan Belanda itu dengan ketinggian bervariasi antara 30 cm hingga 1 meter.

Wakasat Shabara Polrestabes Semarang Kompol Yustinus yang ditemui di lokasi mengatakan ketinggian banjir terparah di sekitar tempat tinggal warga.

"Ini akibat hujan sejak kemarin, air sudah mulai naik," katanya seperti dilansir dari ANTARA.

2. Tak bisa dilalui kendaraan

Banjir Semarang Capai 1 Meter, Kota Lama Hingga Simpang Lima TerendamBanjir kawasan Simpang Lima Semarang. Dok. laporan warga MIK Semar

Akibat banjir, kendaraan bermotor tidak dapat melintasi kawasan wisata yang merupakan cagar budaya tersebut.

Sejumlah pengendara sepeda motor yang nekat melintas di kawasan tersebut banyak yang terjebak hingga akhirnya harus menuntun kendaraan mereka.

Genangan air di sebagian ruas Jalan Imam Bonjol juga menyebabkan akses menuju Kota Lama Semarang tidak bisa dilalui pengendara sepeda motor maupun mobil yang jarak ke tanahnya rendah.

Banjir juga melanda sejumlah pemukiman di wilayah Tlogosari dan Anjasmoro Semarang, serta akses Jalan Kaligawe Semarang.

3. Jalur pantura terendam setinggi lutut orang dewasa

Banjir Semarang Capai 1 Meter, Kota Lama Hingga Simpang Lima Terendam

Sementara akibat luapan Sungai Bringin di Kelurahan Mangkang Wetan, banjir sempat merendam akses jalur Pantura di wilayah barat Kota Semarang itu.

"Untuk di jalur Pantura, ketinggian air sekitar lutut orang dewasa," kata Rauf warga Mangkang Wetan.

Baca Juga: Geger Temuan Arca Dewa Trisula di Bandungan Semarang, Wajah Mengelupas

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya