Pemprov Jateng Liburkan Siswa Selama 14 Hari, Waspada Penularan Corona

Pembelajaran diganti secara online

Semarang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memutuskan meliburkan kegiatan belajar mengajar sekolah-sekolah di seluruh Provinsi Jawa Tengah selama dua minggu.

Baca Juga: Waspada Penularan COVID-19! CFD dan Study Tour di Jateng Dibatasi

1. Libur mulai Senin hingga dua minggu mendatang

Pemprov Jateng Liburkan Siswa Selama 14 Hari, Waspada Penularan CoronaDok. Humas Pemprov Jateng

Keputusan tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, libur dua minggu ini guna mengantisipasi penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

"Terhitung Senin (16/3) lusa semua aktivitas belajar mengajar di Jawa Tengah diliburkan," kata Ganjar usai menggelar rapat terbatas bersama Forkopimda dan seluruh organisasi perangkat daerah lingkungan Pemprov Jateng di Semarang, Sabtu (14/3) malam.

Libur untuk siswa di Jawa Tengah tersebut menurut Ganjar yakni mulai dari tingkat TK, SD, SMP, dan SMA sederajat, dan bakal berlangsung selama dua minggu.

2. Ujian diluar Solo Raya tetap berjalan

Pemprov Jateng Liburkan Siswa Selama 14 Hari, Waspada Penularan Coronaujian nasional

Kendati demikian, Ganjar menyampaikan pemberian masa libur tersebut bisa saja berubah berdasarkan pada perkembangan situasi di lapangan.

"Yang tidak ujian semua libur selama dua minggu diganti secara 'online'. Sementara ujian di luar Solo Raya tetap berjalan, cuma saya akan tetap mengikuti terus perkembangan terhadap pasien (suspect Corona, red) yang masih dirawat di rumah sakit," ujarnya.

Hal tersebut berarti, jika nanti dalam proses pelacakan penyebaran COVID-19 ini ada temuan baru, maka bukan tidak mungkin sekolah akan diliburkan secara dinamis, termasuk keputusan meliburkan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi.

"Perguruan tinggi belum, beberapa rektor sudah berkomunikasi dengan kami, Senin akan kita bicarakan," katanya.

3. Siapkan skenario pembelajaran diganti secara daring

Pemprov Jateng Liburkan Siswa Selama 14 Hari, Waspada Penularan CoronaIlustrasi siswa belajar menggunakan komputer (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ganjar menyebutkan untuk mengganti kegiatan pembelajaran, selain menyiapkan skenario pembelajaran secara daring, pihaknya juga telah menjalin komunikasi dengan berbagai pihak.

"Kami lagi bicara juga dengan (Bimbingan Belajar) Ruang Guru, kontak saya untuk kita coba memindahkan cara belajarnya, apakah peralatan itu bisa kita berikan dengan cara 'online'. Ini akan kita jajaki secara paralel," ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Solo Buka Hotline COVID-19, Wali Kota Imbau Warga Tak Panik

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya