2 Penumpang Kena Virus Corona, Kapal Viking Sun Tertahan di Laut Jawa

Ganjar larang kapal bersandar jika ada suspect virus corona

Semarang, IDN Times - Kapal Pesiar Viking Sun asal Darwin, Australia tertahan di Laut Jawa, kawasan perairan Semarang, Kamis (5/3) karena masih dalam pemeriksaan kesehatan terkait virus corona (COVID-19). Kapal berbendera Norwegia tersebut berkapasitas sekitar 1.300 orang. Penumpang dalam kapal mayoritas berasal dari London dan Australia.

1. Tim medis KKP sedang melakukan pengecekan

2 Penumpang Kena Virus Corona, Kapal Viking Sun Tertahan di Laut JawaIlustrasi persiapan pengecekan kru dan penumpang kapal pesiar. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Saat ini tenaga medis dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sedang melakukan pengecekan. Tak hanya bagi penumpang kapal, tetapi juga terhadap awak kapal.

"Sudah dicek, KKP sudah bekerja dan mudah-mudahan hari ini ada hasilnya. Saya minta hasil pengecekan segera diserahkan kepada Wali Kota Semarang agar dirapatkan dan segera diambil keputusan," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo usai meninjau Gedung Balai Kesehatan Masyarakat di Tegal, Kamis (5/3).

2. Jika ada yang suspect virus corona kapal Viking Sun dilarang sandar

2 Penumpang Kena Virus Corona, Kapal Viking Sun Tertahan di Laut JawaIlustrasi penjemputan kapal pesiar. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Ganjar berharap semua wisatawan yang ada di kapal pesiar itu dalam kondisi sehat. Namun jika ada yang kedapatan suspect virus corona (COVID-19), maka pihaknya menegaskan bahwa kapal dilarang bersandar ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

"Kalau ada yang suspect (virus) corona, jelas kapal tidak boleh merapat. Seluruh penumpang harus dikarantina selama 14 hari sesuai SOP kita. Kalau tidak mau, silahkan berlayar pulang ke tempat asal," tegas Ganjar.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Virus Corona untuk Pengendara Motor, Ini Kuncinya!

3. Pengecekan bagian dari protokol keamanan

2 Penumpang Kena Virus Corona, Kapal Viking Sun Tertahan di Laut JawaIlustrasi persiapan pengecekan kru dan penumpang kapal pesiar. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Pengecekan terhadap penumpang kapal pesiar Viking Sun menjadi bagian protokol keamanan di Jawa Tengah. Pihaknya meminta semua pihak berhati-hati, tapi tidak boleh paranoid dan ketakutan.

"Kalau hasil pengecekan menyatakan semua wisatawan di kapal pesiar itu sehat, maka Pemkot Semarang saya minta, agar mereka dipandu dengan baik, mau piknik kemana. Kalau mereka sehat, maka saya ingin agar pariwisata bisa tetap dikelola. Ndak usah takut," pungkas Ganjar dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times.

4. Dikabarkan ada 2 penumpang kapal yang terkena virus corona

2 Penumpang Kena Virus Corona, Kapal Viking Sun Tertahan di Laut JawaWali Kota Surabaya Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia

Untuk diketahui, sebelumnya kapal pesiar Viking Sun hendak bersandar di Kota Surabaya, Jawa Timur. Namun Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini langsung melayangkan surat penolakan karena publik mulai panik dengan kabar penyebaran virus corona yang berasal dari kapal tersebut.

Kekhawatiran bertambah ketika Risma mendengar kabar terdapat dua penumpang kapal Viking Sun yang diindikasikan terjangkit virus corona (COVID-19). Kabar tersebut ia terima dari pihak Labuan Bajo, tempat bersandarnya kapal tersebut, sebelum ke Surabaya.

"Ternyata ada yang diperkirakan itu terkena (virus) corona, ada dua. Setelah itu kami tunjukkan ke RS Unair ada penumpangnya yang suspect," ujar Risma di Rumah Makan Pecel Solo, Rabu (4/3).

Baca Juga: Daftar 11 Rumah Sakit di Jateng yang Siap Rawat Pasien Virus Corona 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya