[FOTO] Prima dan Siaga Melayani Pengguna Jalan Tol Batang-Semarang

Prioritas keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan tol

Batang, IDN Times - Buat kamu yang sering bepergian ke luar kota melalui jalur darat, pastinya sudah tidak asing dengan jalan tol Trans Jawa. Jalan tol tersebut diresmikan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada 20 Desember 2018.

Ada 20 ruas jalan tol Trans Jawa yang saling terhubung. Salah satu jaringannya adalah jalan tol Batang-Semarang di Jawa Tengah, yang membentang sepanjang 74,90 kilometer (km). Yakni mulai dari Gerbang Tol (GT) Kandeman sampai Gerbang Tol Kalikangkung.

Untuk diketahui, pengelola jalan tol yang efektif buka pada 21 Januari 2019 itu adalah PT Jasamarga Semarang Batang (JSB). Sementara untuk pengoperasiannya dipegang oleh PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO), selaku anak perusahaan PT Jasa Marga (Persero).

Ada berbagai layanan yang bisa dimanfaatkan dan memanjakan pengguna jalan tol ketika melintasi ruas Batang-Semarang. Di antaranya layanan lalu lintas dan empat rest area (Tempat Istirahat dan Pelayanan/ TIP) bertipe A dan B.

Seperti apa layanan tersebut? Dari pada penasaran, langsung saja simak potretnya berikut ini.

1. Satu dari empat rest area di ruas jalan tol Batang-Semarang berlokasi di KM 389 B yang dikelola oleh PT Jasamarga Related Business (JMRB)

[FOTO] Prima dan Siaga Melayani Pengguna Jalan Tol Batang-SemarangSejumlah petugas PT Jasamarga Related Business (JMRB) menyiapkan tanaman hias yang akan ditanam di area rest area KM 389 B ruas jalan tol Batang-Semarang, Jumat (24/2/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

2. Yang menjadi favorit adalah tempat bermain anak yang nyaman, dengan pemandangan taman indah dan menyejukkan. Pas untuk rehat keluarga tercinta

[FOTO] Prima dan Siaga Melayani Pengguna Jalan Tol Batang-SemarangPengguna menikmati fasilitas rest area KM 389 B yang menyediakan arena bermain anak dengan taman indah di ruas jalan tol Batang-Semarang, Jumat (24/2/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

3. Jalan tol Batang-Semarang dilengkapi 87 kamera CCTV untuk memantau lalu lintas secara real-time 24 jam dan terhubung langsung dengan Jasa Marga Traffic Information Center (JMTIC)

[FOTO] Prima dan Siaga Melayani Pengguna Jalan Tol Batang-SemarangDirektur Utama PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), Nasrullah memantau lalu lintas ruas jalan tol Batang-Semarang secara real-time 24 jam di kantor JSB Semarang, Jumat (24/2/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

4. Pemantauan lalu lintas ikut dilakukan dengan patroli layanan jalan tol (Mobile Customer Service/ MCS) milik Jasa Marga jika pengguna mengalami gangguan darurat

[FOTO] Prima dan Siaga Melayani Pengguna Jalan Tol Batang-SemarangPetugas Mobile Customer Service (MCS) PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) berpatroli di ruas jalan tol Batang-Semarang, Jumat (24/2/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Baca Juga: Tempat Makan dan Restoran Hits di Batang

5. Jasa Marga menyiagakan layanan MCS selama 24 jam dalam sehari, baik saat momen penting seperti Lebaran atau Natal dan Tahun baru, maupun hari biasa

[FOTO] Prima dan Siaga Melayani Pengguna Jalan Tol Batang-SemarangPetugas Mobile Customer Service (MCS) PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) mengamankan area lokasi kecelakaan di ruas jalan tol Batang-Semarang, Jumat (24/2/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

6. Gangguan darurat yang sering dialami pengguna jalan tol antara lain kecelakaan, habis bahan bakar, pecah ban, atau kondisi lainnya

[FOTO] Prima dan Siaga Melayani Pengguna Jalan Tol Batang-SemarangPetugas Mobile Customer Service (MCS) PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) mengamankan area lokasi kecelakaan di ruas jalan tol Batang-Semarang, Jumat (24/2/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

7. Petugas patroli layanan jalan tol akan mendampingi, membantu, dan memberikan beberapa alternatif solusi mengatasi gangguan yang sedang dialami pengguna sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM)

[FOTO] Prima dan Siaga Melayani Pengguna Jalan Tol Batang-SemarangPetugas Mobile Customer Service (MCS) PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) mendampingi dan memberikan bantuan kepada pengguna yang mengalami pecah ban saat melintas di ruas jalan tol Batang-Semarang, Jumat (24/2/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

8. Kalau kamu mengalaminya, bisa menghubungi One Call Center Jasa Marga 14080 atau melalui fitur Chat Us di aplikasi Travoy melalui iOS dan Android

[FOTO] Prima dan Siaga Melayani Pengguna Jalan Tol Batang-SemarangPetugas Mobile Customer Service (MCS) PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) mendampingi dan memberikan bantuan kepada pengguna yang mengalami pecah ban saat melintas di ruas jalan tol Batang-Semarang, Jumat (24/2/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

9. Kamu juga bisa menghubungi call center sentra komunikasi (senkom) tol Batang-Semarang di nomor 082129129229. Jangan lupa dicatat, ya

[FOTO] Prima dan Siaga Melayani Pengguna Jalan Tol Batang-SemarangPetugas Mobile Customer Service (MCS) PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) memberikan bantuan kepada pengguna yang mengalami kendala saat melintas di ruas jalan tol Batang-Semarang, Jumat (24/2/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

10. Petugas patroli ikut memastikan agar pengguna jalan tol tidak mengalami gangguan dari sisi eksternal. Yaitu dengan pemantauan pada proyek-proyek pembangunan di pinggir jalan tol sehingga tidak membahayakan pengguna

[FOTO] Prima dan Siaga Melayani Pengguna Jalan Tol Batang-SemarangPetugas Mobile Customer Service (MCS) PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) memantau pekerjaan proyek pembangunan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna di ruas jalan tol Batang-Semarang, Jumat (24/2/2023). (IDN Times/Dhana Kencana)

Itu tadi 10 potret layanan lalu lintas dan rest area di ruas jalan tol Batang-Semarang. Layanan tersebut bisa kamu manfaatkan saat melintasi jalan tol tersebut.

Jika capek ketika mengemudi, kamu bisa istirahat di rest area terdekat dan menikmati fasilitas yang tersedia. Tetap utamakan keselamatan, ya.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Gubernur dan Walikota Sambungkan 4 Kawasan Ini Dengan Jalan Tol

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya