Comscore Tracker

24 Anggota DPRD Jawa Tengah Donasikan Gaji Bulanan untuk Aksi COVID-19

Sebagai bentuk kepedulian bagi yang terdampak virus corona

Semarang, IDN Times - Sebanyak 24 dari 100 anggota DPRD Jawa Tengah menyatakan untuk menyumbangkan gajinya untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi virus corona (COVID-19). Mereka berasal dari dua fraksi yang berbeda, yaitu Fraksi Partai Golkar dan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

1. Jumlah warga positif virus corona terus meningkat di Jawa Tengah

24 Anggota DPRD Jawa Tengah Donasikan Gaji Bulanan untuk Aksi COVID-19Ilustrasi penanganan pasien virus corona. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Dari 24 anggota dewan itu, 12 diantaranya dari Fraksi Partai Golkar dan 10 dari Fraksi Partai PKS. Aksi donasi gaji mereka dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada sesama terlebih semakin masifnya virus corona di Jawa Tengah.

Sebab berdasarkan laman corona.jatengprov.go.id, per Kamis sudah ada 103 pasien positif COVID-19 di Jawa Tengah. Sementara untuk pasien dalam pengawasan (PDP) ada 411 orang dan untuk orang dalam pengawasan (ODP) mencapai 10.513 kasus.

Baca Juga: Ganjar Janji Beri Bantuan Rp1,4 T untuk Atasi COVID-19 di Jawa Tengah

2. Donasi gaji akan berlanjut jika pandemi COVID-19 masih berlangsung

24 Anggota DPRD Jawa Tengah Donasikan Gaji Bulanan untuk Aksi COVID-19golkarpedia.com

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Jawa Tengah, Mohammad Saleh menyatakan gaji bulan April kedua belas anggota akan didonasikan untuk dialokasikan kepada masyarakat yang terimbas virus corona. Seperti untuk membeli kebutuhan bahan pokok atau sembako yang dibagikan secara gratis.

Namun ia juga tak menampik, apabila gaji-gaji tersebut dipergunakan untuk membeli alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis yang menangani COVID-19 di beberapa rumah sakit di Jawa Tengah.

"(Donasi gaji) akan dilakukan mulai April 2020 ini. Gaji yang didonasikan dikoordinir oleh fraksi. Kalau sampai Mei 2020 (pandemi virus corona) belum selesai, ya gaji Mei 2020 juga akan didonasikan juga," jelas Saleh kepada IDN Times, melalui aplikasi pesan daring, Rabu (1/4).

3. Bantuan donasi dibagi menjadi beberapa kegiatan sosial untuk masyarakat

24 Anggota DPRD Jawa Tengah Donasikan Gaji Bulanan untuk Aksi COVID-19Dok. Humas PKS Jawa Tengah

Senada disampaikan oleh Saleh, Ketua Fraksi PKS DPRD Jateng, Arifin Mustofa menyatakan ada 10 anggota fraksi yang telah menyumbangkan gajinya bulan Maret 2020 untuk membantu penanganan pandemi virus corona.

Bantuan berupa donasi gaji tersebut akan dibagi dalam beberapa kegiatan. Salah satunya untuk ketahanan ekonomi masyarakat.

"Pandemi yang sedang terjadi kini sedikit banyak menggangu aktifitas pemerintahan, terutama aktifitas ekonomi masyarakat. Kami akan berikan bantuan ketahanan pangan bagi masyarakat juga para kader PKS, yang ekonominya terganggu akibat wabah virus corona," ungkap Arifin melansir keterangan resmi yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Ganjar Sebut Banyak Warga Jawa Tengah Cuek Soal Virus Corona

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya