Comscore Tracker

Hore, Mahasiswa PTS di Jawa Tengah dapat Beasiswa Bank Indonesia

Menerima sebanyak Rp10 juta per tahun 

Semarang, IDN Times - Bank Indonesia memberikan beasiswa kepada mahasiswa di perguruan tinggi swasta, yaitu Universitas Tidar Magelang dan Universitas Muria Kudus.

Perjanjian dengan dua universitas itu dilakukan di Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Tengah, Rabu (11/9).

Dengan bertambahnya dua kerja sama perguruan tinggi tersebut, saat ini sudah terdapat enam perguruan tinggi yang diberikan beasiswa oleh KPwBI Provinsi Jawa Tengah. Yaitu Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, UIN Walisongo, IAIN Salatiga, Universitas Tidar dan Universitas Muria Kudus.

Baca Juga: Beasiswa untuk yang Tertarik Kuliah di Korea Selatan

1. Ada 270 mahasiswa penerima beasiswa

Hore, Mahasiswa PTS di Jawa Tengah dapat Beasiswa Bank Indonesia

Dari tahun 2018 hingga September 2019, jumlah penerima beasiswa se-wilayah kerja KPwBI Provinsi Jawa Tengah mencapai 270 mahasiswa. 

"Tahun ini kita melibatkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Kalau 2011 hingga 2018 masih Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Tahun ini kita ada PTS," kata Kepala KPwBI Provinsi Jawa Tengah, Soekowardojo usai penandatanganan kerja sama di Semarang.

2. Beasiswa tidak terbatas untuk pembiayaan pendidikan

Hore, Mahasiswa PTS di Jawa Tengah dapat Beasiswa Bank Indonesia

Pemberian beasiswa oleh Bank Indonesia, dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Mulai dari akreditasi perguruan tinggi yang bersangkutan, sarana yang dimiliki oleh universitas, keaktifan, hingga prestasi mahasiswanya. Penerima beasiswa juga beragam. Ada yang dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Program beasiswa tersebut juga tidak terbatas untuk pembiayaan guna mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi, maupun biaya hidup.

Para mahasiswa penerima beasiswa turut diwadahi dalam sebuah komunitas. Melalui komunitas tersebut, mereka akan mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala, terencana, dan terarah guna meningkatkan kompetensi individu.

3. Dapat membantu Bank Indonesia

Hore, Mahasiswa PTS di Jawa Tengah dapat Beasiswa Bank Indonesia

Komunitas tersebut juga dapat mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinan para mahasiswa, agar mampu menjadi insan unggul dan berdaya saing. Komunitas penerima beasiswa tersebut disebut Generasi Baru Indonesia (GenBI).

Soekowardojo berharap para penerima beasiswa Bank Indonesia yang nantinya akan tergabung dalam komunitas GenBI, dapat membantu Bank Indonesia, memberikan sosialisasi mengenai tugas dan pengetahuan mengenai bank sentral kepada masyarakat di sekitarnya.

4. Setiap tahun menerima Rp10 juta

Hore, Mahasiswa PTS di Jawa Tengah dapat Beasiswa Bank Indonesia

Sebanyak 100 mahasiswa, dari Universitas Tidar Magelang dan Universitas Muria Kudus kali ini, akan menerima masing-masing akan menerima beasiswa senilai Rp1 juta per bulan selama 12 bulan atau satu tahun.

Penerima beasiwa telah memenuhi syarat di antaranya mempunyai Indeks Prestasi 3.00 (Skala 4) untuk PTN dan 3.25 (Skala 4) untuk PTS. Selain itu berasal dari keluarga pra sejahtera.

BI juga memberikan Rp10 juta per tahun yang diperuntukkan untuk biaya Pengelolaan Program dan Pembinaan Komunitas di masing-masing perguruan tinggi tersebut.

Baca Juga: Djarum Persembahkan Beasiswa Indonesia Menuju Broadway, Ini Hasilnya!

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Febriana Sintasari

Just For You