Jadwal, Rute, dan Harga Tiket Kereta Panoramic Terbaru di Semarang

Sementara masih untuk tujuh kali keberangkatan

Semarang, IDN Times - Pecinta moda transportasi kereta api di Semarang kini bisa menikmati Kereta Panoramic. Panoramic merupakan kereta yang didesain dengan spesifikasi khusus bak ruang terbuka sehingga penumpang bisa menikmati panorama di sepanjang perjalanan. 

1. Bisa menikmati pemandangan pantai Utara Pulau Jawa

Jadwal, Rute, dan Harga Tiket Kereta Panoramic Terbaru di SemarangIlustrasi Kereta Panoramic rangkaian KA Argo Parahyangan. (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang mengoperasikan Kereta Panoramic mulai Selasa (21/3/2023). Kereta tersebut dirangkaikan pada KA Argo Muria dengan tujuan Semarang Tawang-Gambir (PP). 

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko mengatakan, pengoperasian Kereta Panoramic merupakan yang pertama di jalur Utara Pulau Jawa.

“Para pelanggan nantinya akan disuguhkan pemandangan luar biasa sepanjang perjalanan, yang mana salah satunya melewati pesisir Pantai Utara (Pantura) di wilayah Kabupaten Batang,” katanya sebagaimana dilansir keterangan resmi.

Baca Juga: Pemprov Jateng Sediakan 217 Bus untuk Mudik Gratis 2023, Ayo Buruan Daftar!

2. Bagasi ada di ujung kereta

Jadwal, Rute, dan Harga Tiket Kereta Panoramic Terbaru di SemarangIlustrasi Kereta Panoramic rangkaian KA Argo Parahyangan. (dok. PT KAI)

Kereta Panoramic merupakan kereta inovasi KAI yang memiliki jendela berdimensi besar di kedua sisi, baik kanan maupun kiri. Selain itu, atap kaca kereta dibuat memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis.

Penumpang Kereta Panoramic ikut dimanjakan dengan sejumlah fasilitas pendukung. Seperti kursi yang nyaman, free wifi, tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas dengan sensor otomatis, televisi di dinding ujung kereta, dan rak bagasi khusus di ujung kereta.

Dalam setiap perjalanan, para penumpang Kereta Panoramic akan mendapatkan layanan khusus berupa camilan/kudapan, makanan, minuman, dan selimut secara gratis yang akan diberikan oleh petugas train attendant (pramugara/pramugari) ke para penumpang Kereta Panoramic.

3. Masih terbatas tujuan Semarang-Jakarta PP

Jadwal, Rute, dan Harga Tiket Kereta Panoramic Terbaru di SemarangIlustrasi suasana di dalam Kereta Panoramic rangkaian KA Argo Parahyangan. (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

KAI merangkaikan satu Kereta Panoramic berkapasitas 38 tempat duduk pada KA Argo Muria dengan jadwal keberangkatan sebagai berikut:

  • KA 13 Argo Muria, berangkat dari Semarang Tawang pukul 16.15 WIB dan tiba di Gambir pukul 21.39 WIB
  • KA 14 Argo Muria, berangkat dari Gambir pukul 07.05 WIB dan tiba di Semarang Tawang pukul 12.26 WIB.

4. Harga tiket kereta gak sampai Rp750 ribu

Jadwal, Rute, dan Harga Tiket Kereta Panoramic Terbaru di SemarangIlustrasi Kereta Panoramic PT KAI (Persero). (dok. PT KAI)

Sementara untuk tanggalnya, Kereta Panoramic baru diopersikan selama tujuh hari di bulan Maret 2023, antara lain pada:

  • Selasa, 21 Maret 2023
  • Rabu, 22 Maret 2023
  • Kamis, 23 Maret 2023
  • Senin, 27 Maret 2023
  • Selasa, 28 Maret 2023
  • Rabu, 29 Maret 2023
  • Kamis, 30 Maret 2023.

PT KAI membuka tiket Kereta Panoramic mulai harga Rp735 ribu untuk sekali keberangkatan. Pemesanan tiket kereta tersebut bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access.

Baca Juga: PT KCI Uji Coba KRL Hingga Stasiun Palur, Berhenti di 3 Stasiun

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya