Koleksi Kardus Bekas Dapat 1.000 Pohon, Untuk Lahan Kritis di Rembang

Keseimbangan sustainable bisnis dan melestarikan lingkungan

Rembang, IDN Times - Buat yang suka belanja online pasti akrab dengan paket barang kiriman. Kemasan paket yang kamu terima biasanya dibungkus dengan kardus. Nah, kardus-kardus dari paket itu umumnya tidak digunakan lagi dan mubazir alias hanya memenuhi tempat tinggal.

Salah satu e-commerce, Blibli menyulap kardus paket kiriman barang untuk didaur ulang dan dikonversikan menjadi bibit pohon yang ditanam di Rembang, Jawa Tengah.

1. Pemanfaatan kardus bekas paket pelanggan

Koleksi Kardus Bekas Dapat 1.000 Pohon, Untuk Lahan Kritis di RembangCOO Blibli, Lisa Widodo (kanan) saat penanaman pohon di Rembang, Jawa Tengah. (IDN Times/Dhana Kencana)

Untuk kamu yang tinggal di Jabodetabek, bisa mengumpulkan kardus bekas paket kiriman dari Blibli dan kardus lainnya ke tempat pengumpulan kardus bekas (collection boxes) Blibli Cinta Bumi.

Lokasinya ada di Gedung Sarana Jaya (Jakarta Pusat), KS Tubun (Jakarta Barat), Cawang (Jakarta Timur), WTC Mangga Dua (Jakarta Utara), dan Serpong. Kalau yang di luar daerah tersebut, kardus bekas bisa dititipkan lagi melalui kurir Blibli Express Service (BES) saat mengirim paket lagi. 

Kardus-kardus bekas tersebut akan didaur ulang dijadikan salah satunya untuk bahan wrap paket kiriman. Selain itu, kardus bekas tersebut juga dikonversi menjadi 1.000 bibit pohon, yang ditanam di Hutan Kota Gor Mbesi Kabupaten, Rembang, Jawa Tengah, pada Kamis (25/11/2021).

Baca Juga: Batik Lasem Rembang Diangkat Jadi Jenama, Punya Daya Tarik dan Unik

2. Bisnis dan lingkungan berjalan beriringan

Koleksi Kardus Bekas Dapat 1.000 Pohon, Untuk Lahan Kritis di RembangPerawatan bibit pohon di Rembang, Jawa Tengah. (IDN Times/Dhana Kencana)

Blibli melansir, bibit pohon yang ditanam sebagai kampanye #AksiCintaBumi tersebut merupakan hasil dari pengumpulan 10 ribu kardus bekas yang dikembalikan pelanggan melalui kurir BES dan collection boxes tersebut, sejak Februari 2020 sampai 25 November 2021.

Adapun, seluruh bibit pohon yang ditanam berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) milik Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) yang berada di Kudus, Jawa Tengah.

Sustainable Business atau Bisnis Berkelanjutan merupakan prinsip terpenting bagi Blibli menjaga kelangsungan bisnis dan lingkungan. Keduanya harus berjalan secara beriringan karena menjadi salah satu upaya kami melestarikan lingkungan. Penanaman #AksiCintaBumi ini menjadi bentuk terima kasih kepada para pelanggan dan karyawan yang selama ini telah berpartisipasi melestarikan lingkungan bersama Blibli,” kata Chief Operating Officer (COO) Blibli, Lisa Widodo.

3. Setelah menanam pohon harus dirawat

Koleksi Kardus Bekas Dapat 1.000 Pohon, Untuk Lahan Kritis di RembangPenanaman bibit pohon di Rembang, Jawa Tengah. (IDN Times/Dhana Kencana)

Tak hanya menanam, BLDF juga berkomitmen untuk merawat 1.000 pohon yang telah ditanam tersebut. VP Director of Djarum Foundation, FX Supanji menyatakan kegiatan penanaman pohon tidak hanya sekadar seremonial belaka, namun bisa berkelanjutan. Yaitu dengan merawatnya sehingga pohon-pohon tersebut bisa tumbuh dan memberikan manfaat bagi lingkungan setempat.

"Terus merawat dan menjaga lingkungan dengan menanam pohon juga sejalan dengan visi dan misi besar kami untuk bisa menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk kita tinggali. Makin banyak pihak yang peduli dan bergerak untuk lingkungan, maka diharapkan Bumi kita akan menjadi lebih baik, karena sejatinya kita lah yang membutuhkan alam," ujarnya.

4. Mengembalikan lahan kritis di Rembang

Koleksi Kardus Bekas Dapat 1.000 Pohon, Untuk Lahan Kritis di RembangAlun-alun Kota Rembang. (IDN Times/Dhana Kencana)

Melalui penanaman pohon tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (KDLH) Rembang, Dwi Purwanto berharap potensi bencana yang cukup tinggi di Rembang bisa diminimalisir. Seperti di kawasan lahan kritis di Gunem, Sale, dan Sedan.

"Penting untuk ditangani (potensi bencana) dengan mengidentifikasi dan mengembalikan lahan-lahan kritis dengan dikerjasamakan untuk ditanam pohon. Penting untuk anak cucu ke depan," aku Dwi.

Sebanyak 1.000 pohon yang ditanam diantaranya 350 adalah pohon berbunga (Tabebuya, Eukaliptus), 200 pohon buah (Durian, Mangga, Kawista), dan 450 pohon untuk penghijaun (Trembesi). Satu 1 bibit pohon tersebut merupakan hasil dari 10 kardus bekas yang dikumpulkan oleh Blibli dari para pelanggannya.

Baca Juga: Batik Lasem Rembang Diangkat Jadi Jenama, Punya Daya Tarik dan Unik

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya