Pramuka Diharapkan Menjadi Agen Bangsa Merawat Ideologi Pancasila

Renungan Hari Pramuka ke-58 diadakan di Taman Makam Pahlawan

Semarang, IDN Times - Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) diyakini mampu menjawab kegelisahan publik mengenai keraguan akan ideologi Pancasila. Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di sela-sela memimpin Upacara Renungan dan Ulang Janji Hari Pramuka ke-58 Kwarda Jateng Tahun 2019 di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal, Kota Semarang, Selasa (13/8) malam.

1. Tidak ada ideologi lain selain Pancasila

Pramuka Diharapkan Menjadi Agen Bangsa Merawat Ideologi Pancasilajatengprov.go.id

Seperti dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Ganjar menegaskan bahwa gerakan Pramuka merupakan salah satu agen bangsa yang akan selalu merawat nilai-nilai dan ideologi Pancasila. Hal itu dibuktikan dengan adanya ucapan sumpah atau janji Tri Satya Pramuka.

Dengan demikian, Pramuka secara otomatis menjadi agen bangsa dalam merawat ideologi Pancasila.

"Gerakan Pramuka itu bagian dari menjawab kegelisahan publik. Apakah bangsa ini akan berideologi lain? Tidak. Kita tetap berideologi yang sama, Pancasila. (Ideologi) kanan luar dan kiri luar tidak akan kita terima," kata Ganjar.

Baca Juga: Buwas Sebut Tantangan Pramuka Saat Ini Radikalisme hingga Hoaks

2. Tri Sayta dan Dasa Dharma untuk merawat NKRI

Pramuka Diharapkan Menjadi Agen Bangsa Merawat Ideologi Pancasilajatengprov.go.id

Kegiatan Upacara Renungan dan Ulang Janji gerakan kepanduan itu, imbuh Ganjar, sebenarnya sebagai pengingat akan sumpah Tri Satya.

Adapun isinya, yakni (1) menjalankan kewajiban terhadap Tuhan, NKRI, dan mengamalkan Pancasila; (2) menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat; dan (3) menepati Dasa Dharma.

"Kita sepakat merawat Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Jadi, kalau kita orang Indonesia mengamalkan Dasa Dharma, selesai seluruh persoalan. Karena mulai amalan Ketuhanannya, hubungan antar sesama, bagaimana berpikir, berbicara, bersikap, dan bagaimana mencintai sesama, maka sebenarnya nilai-nilai universal itu yang bisa kita pakai," ungkapnya.

3. Peringatan Hari Pramuka dirangkai Jambore

Pramuka Diharapkan Menjadi Agen Bangsa Merawat Ideologi Pancasilajatengprov.go.id

Sementara itu, dalam peringatan Hari Pramuka, akan digelar Jambore Daerah XV Kwartir Daerah (Kwarda) Jateng di Kabupaten Blora, pada 26 Agustus 2019. Tema jambore adalah Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI.

"Untuk menggelorakan rasa cinta Tanah Air pada diri anggota gerakan kepanduan. Kita coba mengintegrasikan seluruh potensi yang ada agar Pramuka memahami keseluruhannya. Jadi, nanti ada zona-zona, yaitu zona integritas, bela negara, ekonomi, toleransi, budaya, dan sebagainya," jelas Ketua Kwarda Provinsi Jawa Tengah, Atikoh Ganjar Pranowo.

Baca Juga: 10 Potret Seragam Pramuka dari Berbagai Negara, Gagah dan Keren!

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya