10 Potret Unik Anjing sampai Kura-kura Ikut Ibadah Pemberkatan di Semarang

Pemberkatan satwa meneladani Santo Fransiskus Asisi

Semarang, IDN Times - Santo Fransiskus Asisi merupakan sosok panutan bagi umat Katolik di seluruh penjuru dunia. Fransiskus Asisi ialah pendiri Ordo Fratrum Minorum atau atau dalam literasi disebut ordo Saudara-saudara Hina Dina.

Namun bagi umat Katolik, Fransiskus Asisi menjadi figur yang begitu dihormati. Dia yang dilahirkan di kota Assisi, Italia pada tahun 1181 semasa hidupnya memiliki sifat yang sederhana, murah hati dan punya kemampuan luar biasa karena dapat berbicara dengan sejumlah binatang.

Tak heran sampai saat ini umat Katolik menaruh hormat terhadap Fransiskus Asisi. Bahkan, Romo Eduardus Didik Cahyono, sebagai seorang pastor di Gereja Santa Maria Theresia Bongsari Semarang, saban tahun rutin mengadakan acara peringatan kelahiran Santo Fransiskus Asisi.

Acaranya dikemas dalam sebuah ibadah pemberkatan kepada hewan-hewan piaraan masyarakat Semarang. Romo Didik mengatakan, ibadah pemberkatan kepada hewan piaraan warga dimaksudkan untuk meneladani sikap Santo Fransiskus Asisi Italia sebagai orang kudus Katolik. 

"Santo Fransiskus Asisi memiliki kedekatan relasi dengan hewan dan tumbuhan. Ia memanggil mereka dengan istilah saudara dan saudari. Maka kita diajak untuk bersahabat dengan tumbuhan dan hewan," kata Romo Didik kepada IDN Times.

Berbeda dari tahun sebelumnya, pada Minggu pagi (10/10/2021), Romo Didik melakukan pemberkatan pada hewan di pelataran SD Kanisius Kurmosari, di Jalan Puspowarno Raya, Semarang Barat. Tak kurang ada ratusan hewan dan ragam tanaman yang diberkati oleh Romo Didik. 

Pengin tahu keunikan prosesi pemberkatan kepada hewan? Simak 10 potretnya berikut ini.

1. Sejak pagi puluhan mobil mengantre masuk ke SD Kurmosari sembari membawa berbagai macam hewan piaraan

10 Potret Unik Anjing sampai Kura-kura Ikut Ibadah Pemberkatan di SemarangDeretan mobil yang berisi berbagai jenis anjing saat ikut pemberkatan satwa di Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Baca Juga: Misa Natal, Sebuah Patung Pasien COVID-19 Dipasang di Gereja Bongsari

2. Ibadah pemberkatan hewan juga memeriahkan perayaan ulang tahun Paroki Santa Theresia ke-53

10 Potret Unik Anjing sampai Kura-kura Ikut Ibadah Pemberkatan di SemarangProsesi pemberian air suci kepada hewan piaraan yang ikut pemberkatan satwa di Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

3. Seekor anjing siberia tampak menunduk saat diberkati oleh Romo Didik

10 Potret Unik Anjing sampai Kura-kura Ikut Ibadah Pemberkatan di SemarangSeekor anjing siberia menunduk saat diberi air suci di acara pemberkatan satwa. (IDN Times/Fariz Fardianto)

4. Kura-kura berusia 20 tahun tak mau ketinggalan ikut ibadah pemberkatan

10 Potret Unik Anjing sampai Kura-kura Ikut Ibadah Pemberkatan di SemarangKura-kura Brasil berusia 20 tahun diberkati oleh Romo Didik. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Baca Juga: 10 Potret Anjing dan Musang Divaksinasi Rabies Drive Thru di Semarang

5. Anjing pudel seolah kusyuk saat diberi air pemberkatan oleh Romo Didik

10 Potret Unik Anjing sampai Kura-kura Ikut Ibadah Pemberkatan di SemarangIbadah pemberkatan satwa diikuti oleh pemilik anjing pudel. (IDN Times/Fariz Fardianto)

6. Warga Semarang mengikuti ibadah pemberkatan satwa dengan suka cita

10 Potret Unik Anjing sampai Kura-kura Ikut Ibadah Pemberkatan di SemarangRomo Didik memberikan air suci pada hewan yang dibawa saat pemberkatan. (IDN Times/Fariz Fardianto)

7. Karena saat ini masih pandemik, jadinya pemberkatan satwa dilakukan dengan drive thru

10 Potret Unik Anjing sampai Kura-kura Ikut Ibadah Pemberkatan di SemarangSeekor anjing pudel berwarna cokelat saat diberi air suci oleh Pastor Gereja Bongsari, Romo Eduardus Didik Cahyono. (IDN Times/Fariz Fardianto)

8. Anjing pudel ini pakai jubah putih layaknya pastor saat pemberkatan, gemesin banget!

10 Potret Unik Anjing sampai Kura-kura Ikut Ibadah Pemberkatan di SemarangAnjing pudel memakai jubah putih ikut pemberkatan satwa. (IDN Times/Fariz Fardianto)

9. Kawanan anjing pelacak milik Polrestabes Semarang pun diberi air suci

10 Potret Unik Anjing sampai Kura-kura Ikut Ibadah Pemberkatan di SemarangKawanan anjing pelacak disiram air suci. (IDN Times/Fariz Fardianto)

10. Pasangan suami istri menunjukan anjingnya yang berusia 3 bulan. Mereka berharap piaraannya selalu sehat dan panjang umur

10 Potret Unik Anjing sampai Kura-kura Ikut Ibadah Pemberkatan di SemarangPasutri menujukan anjing kesayangannya saat pemberkatan satwa di Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Acara pemberkatan satwa ini diikuti umat Katolik dari berbagai wilayah Semarang. Acaranya terselenggara atas kerjasama Kesatuan K-9 Polda Jateng, Griya Satwa Lestari, SD Kanisius Kurmosari dan para relawan. 

Selain bisa selfie dengan berbagai hewan yang lucu dan imut-imut, peserta pemberkatan diajak mensyukuri atas karunia yang diciptakan oleh Tuhan. Good job!

Baca Juga: Marak Konsumsi Daging Anjing, Vaksin Rabies di 5 Daerah Jateng Diperbanyak

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya