10 Tempat Wisata Jateng Dipadati Wisatawan, Bisa Sampai 6,5 Juta Orang

Jateng bakal diserbu turis lokal. Waspada, ya

Semarang, IDN Times - Sebanyak 10 lokasi wisata Jawa Tengah diperkirakan bakal dipadati para wisatawan yang menikmati liburan cuti bersama Lebaran 2022. Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah menyebut, puncak kunjungan wisatawan saat libur Lebaran terjadi pada 3 Mei 2022 atau H-2 Lebaran dan tanggal 7 Mei 2022.

"Puncak kunjungan akan terjadi H+2 atau tanggal 3 Mei kondisi tersebut jumlah wisatawan akan sudah tinggi. Dan puncak kunjungan kedua perkiraan kita terjadi tanggal 7 Mei," kata Kasi Pengembangan Daya Tarik Wisata Disporapar Jateng, Riyadi Kurniawan ketika dihubungi IDN Times, Senin (25/4/2022). 

1. Wisata alam, tempat terbuka dan instagramable akan dipadati pengunjung

10 Tempat Wisata Jateng Dipadati Wisatawan, Bisa Sampai 6,5 Juta Orangtrem Alun-Alun Eropa, salah satu wahana di Dusun Semilir (instagram.com/dusunsemilir)

Ia mengatakan para wisatawan mayoritas akan mengunjungi obyek wisata alam, tempat-tempat terbuka dan lokasi instagramable

Dengan melihat pelanggaran aturan mudik yang diberlakukan pemerintah pusat, maka nantinya paling banyak yang datang ke Jawa Tengah berasal dari kalangan wisatawan nusantara (wisnus). 

Baca Juga: Kepala BKD Jateng Manfaatkan Mudik buat Reunian: Saya Kangen Ketupat Sayur

2. Puncak kunjungan mencapai 6,5 juta wisatawan

10 Tempat Wisata Jateng Dipadati Wisatawan, Bisa Sampai 6,5 Juta OrangANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Kunjungan wisatawan akan bergerak naik kisaran 4,09 juta jiwa sampai 6,5 juta jiwa saat musim libur Lebaran. 

"Kita sudah lakukan tiga analisis bahwa pergerakan wisnus akan naik di angka kenaikan pesimis sekitar 4,09 juta, prediksi kenaikan moderat pada angka 4,9 juta dan prediksi optimis sebanyak 6,5 juta jiwa. Kita mengambil angka pesimis karena melihat situasi saya beli masyarakat sebenarnya belum sepenuhnya pulih. Tapi, berkaca dengan pelonggaran aturan saat ini, maka bisa jadi kenaikannya mencapai 6,5 juta," akunya. 

3. Daftar obyek wisata yang akan diserbu para wisatawan

10 Tempat Wisata Jateng Dipadati Wisatawan, Bisa Sampai 6,5 Juta OrangGrojogan sewu (instagram.com/grojogansewutawangmangu)

Menurutnya dari kajian di lapangan ada kemungkinan 10 obyek wisata yang nantinya disebut para wisatawan. Obyek wisata yang dimaksud antara lain:

  1. Kota Lama Semarang
  2. Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara
  3. Dusun Semilir Kabupaten Semarang
  4. Saloka Salatiga
  5. Cimory Kabupaten Semarang
  6. Candi Borobudur
  7. Tawangmangu Karanganyar
  8. Pemandian Baturaden Kabupaten Banyumas
  9. Wisata air hangat Guci Kabupaten Tegal
  10. Pantai Menganti Kabupaten Kebumen

"Dari kalkulasi yang kita lakukan, terdapat 10 wisata yang dipadati pengunjung. Di Kota Lama Semarang karena tidak ada pintu masuknya, jadinya kunjungan sangat meningkat dan kita waspadai, kunjungan di Dieng Dieng juga cukup tinggi. Sedangkan di Bawen Raya meliputi Semilir, Saloka dan Cimori itu titik krusial yang bisa menyebabkan kemacetan. Sedangkan di Magelang ada Borobudur yang jadi daya tarik utama, di Tawangmangu Karanganyar, jajaran Polres secara situasional akan memberlakukan one way, Menganti Kebumen juga akan padat. Termasuk di Baturaden dan Guci," terangnya. 

4. Jangan paksakan liburan jika cuaca tidak menentu

10 Tempat Wisata Jateng Dipadati Wisatawan, Bisa Sampai 6,5 Juta OrangIlustrasi cuaca ekstrem. IDN Times/Mardya Shakti

Riyadi berharap, agar setiap wisatawan yang berlibur di Jawa Tengah tetap mematuhi standar protokol kesehatan. Wisatawan sebaiknya juga memperhatikan perubahan cuaca terutama di kawasan pegunungan.

"Jangan memaksakan liburan jika cuacanya tidak menentu. Lebih baik menjaga kondisi lebih dulu agar tetap sehat dan aman," tandasnya. 

Baca Juga: Turis Asing Mulai Berdatangan ke Karimunjawa, 39 Homestay Terisi Penuh

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya