3.500 Ulama Hadiri Muktamar Sufi di Pekalongan, 882 Personel Bersiaga

Muktamar Sufi Dunia dihadiri ribuan ulama berbagai negara

Pekalongan, IDN Times - Tak kurang 882 personel gabungan dari TNI/Polri meningkatkan penjagaan di Kota Pekalongan untuk mengamankan jalannya event Muktamar Sufi Dunia atau World Sufi Assembly (WSA) Conference 2023.

Muktamar Sufi Dunia digelar di Kota Batik Pekalongan hari ini, Selasa (29/8/2023) sampai 31 Agustus 2023.

Baca Juga: Jadi Panitia Sufi Internasional, Prabowo dan Habib Luthfi Lapor Jokowi

1. Sebanyak 882 personel gabungan dilibatkan untuk amankan acara muktamar

3.500 Ulama Hadiri Muktamar Sufi di Pekalongan, 882 Personel BersiagaRegu Brimob bersenjata laras panjang mengamankan acara Muktamar Sufi Dunia di Pekalongan. (IDN Times/Dok Hunas Polda Jateng)

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Stefanus Bayu Satake Setianto, mengatakan terdapat 882 personel gabungan yang dikerahkan untuk mendukung kelancaran acara Muktamar Sufi Dunia di Pekalongan.

"Personel dari Polda Jateng dan Polres jajaran dikerahkan, bersama unsur TNI dan panitia. Kita bersinergi dengan seluruh komponen wilayah Pekalongan demi kelancaran kegiatan tersebut," ujar Bayu. 

2. Jokowi datang ke lokasi Muktamar Sufi Dunia

3.500 Ulama Hadiri Muktamar Sufi di Pekalongan, 882 Personel BersiagaSejumlah aparat gabungan mengadakan apel kesiapsiagaan untuk mengamankan acara Muktamar Sufi Dunia di Pekalongan. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo. Informasi dari Polda Jateng, acara Muktamar Sufi Dunia dihadiri 68 ulama internasional dari 43 negara. 

Selain itu, sekitar 3.500 ulama dan tamu dari seluruh penjuru Indonesia juga hadir pada acara itu.

Lantaran pembukaan acara dihadiri langsung Presiden Jokowi, pihaknya mengerahkan hampir 1.000 personel untuk pengamanan. Termasuk 185 anggota Brimob. 

3. Akan dilakukan rekayasa lalin

3.500 Ulama Hadiri Muktamar Sufi di Pekalongan, 882 Personel BersiagaPersonel CPM dan Denpom juga dilibatkan untuk menjaga keamanan lokasi acara Muktamar Sufi Dunia di Pekalongan. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Demi kelancaran kegiatan, lanjut dia, polisi sudah menyiapkan skenario rekayasa untuk mengurai arus lalu lintas bila terjadi kemacetan di sekitar lokasi.

"Dipastikan ribuan orang akan hadir dalam kegiatan itu. Untuk itu, kami mengimbau seluruh warga untuk tertib dan turut menyukseskan kelancaran acara ini, karena acara ini merupakan momen internasional yang turut membawa nama harum bangsa Indonesia," tandasnya. 

Baca Juga: Suhu Udara Semakin Kering, Tiga TPA di Jateng Terbakar

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya