8.700 Kendaraan Pemudik Tepergok Terobos Jateng Dipaksa Putar Balik

Penyekatan diperketat

Semarang, IDN Times - Gara-gara tepergok menerobos masuk ke Jawa Tengah, sebanyak 8.700 kendaraan yang mengangkut para pemudik dipaksa putar balik ke daerah asalnya.

Rata-rata pemudik kedapatan menerobos ke 13 pintu masuk di wilayah Jawa Tengah. 

1. Ribuan kendaraan pemudik dihalau ssjak 24 April

8.700 Kendaraan Pemudik Tepergok Terobos Jateng Dipaksa Putar BalikDalam Sehari, Polda Metro Amankan 95 'Travel Gelap' yang Antar Pemudik (Dok. Istimewa)

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan jumlah kendaraan pemudik yang dipaksa putar balik semakin melonjak. Dari tanggal 24 April kemarin sampai 25 Mei, ujarnya sudah Ada 5.400 kendaraan yang diputar balik. 

"Lalu pas masuk arus balik tanggal 26 Mei sampai H+7 30 Mei, masih Ada lagi 3.400 kendaraan. Kalau semuanya ditotal sampai sekarang ada 8.700 kendaraan kita paksa putar balik," ujar Luthfi, tatkala meninjau pengamanan pos Jalan Tol Kalikangkung, Ngaliyan, Semarang, Sabtu (30/5). 

Baca Juga: Jelang PKM Berakhir, 4 Jalan Protokol di Semarang Masih Ditutup 

2. Operasi Ketupat Candi diperpanjang sampai Juni

8.700 Kendaraan Pemudik Tepergok Terobos Jateng Dipaksa Putar BalikPetugas kesehatan memeriksa kelengkapan dokumen pemudik yang melintas di Jalan Raya Pantura, Cirebon, Jawa Barat, Selasa. (19/5). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Ia menyatakan akan terus menghalau masuknya kendaraan dari luar kota agar penularan virus Corona di Jateng dapat dikurangi. 

Pihaknya akan memaksimalkan razia ketupat candi dengan memperpanjang waktu razia terhitung Sabtu 30 Mei sampai tanggal 7 Juni 2020.

Ia mengklaim dari hari ke hari warga mulai sadar akan upaya pihak kepolisian yang melalukan penyekatan di jalur mudik maupun arah arus balik. 

3. Lima jalur Pantura dijaga ketat polisi

8.700 Kendaraan Pemudik Tepergok Terobos Jateng Dipaksa Putar BalikIDN Times/Wildan Ibnu

Ia menekankan saat ini melalukan filterisasi di lima jalur yang rawan dimasuki kendaraan dari luar kota. Kelima jalur yang dimaksud Luthfi yaitu sepanjang Pantura, Tengah, Selatan, selatan-selatan dan ruas jalan tol.

"Kita sudah menggelar seluruh pos penyekatan. Manakala lima jalur ini sudah kita lakukan penyekatan dan mereka lewat jalur arteri itu mereka juga sudah disekat oleh anggota di pos pos kecil yang menjadi pos pantau," tegasnya.

Di sisi lain, arus mudik di Tol Kalikangkung sangat sepi. Demi mendukung new normal, katanya kini ada 34 kampung sudah disiapkan jadi lokasi siaga. 

"Kasus penggantian plat nomer tidak ada. Anggota sudah kita bekali breefing dan tiap hari update temuan temuan yang dilakukan. Kendaraan lintas daerah," tandasnya. 

Baca Juga: Hari Pertama PKM di Semarang, Pemudik yang Lewat Tol Dihadang Petugas

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya