Bulan Purnama, Pesisir Semarang Bakal Diterjang Banjir Setinggi Betis

Semarang dilanda kenaikan air pasang dua kali

Semarang, IDN Times - Memasuki awal November 2020, masyarakat di wilayah pesisir Kota Semarang dan sekitarnya diminta ekstra waspada. Pasalnya, Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Tanjung Emas Semarang memperkirakan selama bulan ini limpasan air pasang akan mengalami kenaikan ketimbang kondisi sebelumnya.

1. Air pasang akan mencapai titik maksimum selama tiga jam

Bulan Purnama, Pesisir Semarang Bakal Diterjang Banjir Setinggi BetisIDN Times/Dhana Kencana

Ganis Erucahyo, seorang analis cuaca di Stasiun Meteorologi Maritim Kelas IIbTanjung Emas Semarang mengatakan selama November tahun ini air pasang akan mengalami titik ketinggian maksimum sampai dua kali. 

Pada titik ketinggian pertama, air pasang akan muncul mulai rentang waktu tanggal 6-13 November. "Untuk ketinggian maksimumnya terjadi pada pukul 02.00 hingga 04.00 dini hari. Dengan ketinggian puncaknya mencapai 100-110 sentimeter," kata Ganis kepada IDN Times, Minggu (1/11/2020).

Baca Juga: Kena Efek Spring Tide, Pesisir Semarang dan Demak Terendam Banjir Rob

2. Ketinggian air pasang di tepi pantai Semarang 50 sentimeter atau sebetis

Bulan Purnama, Pesisir Semarang Bakal Diterjang Banjir Setinggi BetisIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut, kenaikan air pasang juga muncul pada pertengahan November. Mulai 20 November-24 November nanti ketinggian air pasang akan mencapai titik maksimum sekitar 110 sentimeter. 

Menurutnya dengan kondisi tersebut, maka banjir rob yang melanda kawasan bibir pantai Semarang akan mencapai 50 sentimeter atau setara dengan setinggi betis orang dewasa.

"Di bibir pantai ketinggiannya sebetis atau 50 sentimeter. Dan kejadiannya pada dini hari. Berbeda dengan bulan sebelumnya, kenaikan air pasang akan muncul dua kali selama bulan November," jelasnya.

Pihaknya menuturkan naiknya air pasang lantaran dipicu posisi bulan yang saat ini telah berbentuk bulat penuh alias purnama. 

3. Stasiun Meteorologi Maritim prediksi banjir rob lebih tinggi pada November

Bulan Purnama, Pesisir Semarang Bakal Diterjang Banjir Setinggi BetisIDN Times/Dhana Kencana

Ganis menyatakan kenaikan air pasang akan melanda kawasan tepi pantai sejauh 2 mil atau sekitar 3 kilometer sampai ke Pantai Marina, Genuk dan Sayung.

Selain itu, kondisi banjir rob diperkirakan bisa bertambah tinggi karena saat ini telah memasuki musim penghujan. Pihaknya saat ini mengimbau kepada warga pesisir Semarang untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi kenaikan air pasang. Kondisinya akan lebih parah dengan banyaknya suplay air yang datang dari arah Semarang atas.

"Dengan situasi bulan November sudah masuk hujan, kemungkinan ada penambahan suplay air dari wilayah Semarang atas. Sehingga ketimbang kondisi Oktober, di bulan ini robnya akan lebih tinggi. Kita perkirakan muncul di seluruh titik pesisir Semarang," jelasnya.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, 3 Lokasi di Semarang Ini Diterjang Tanah Longsor

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya