Comscore Tracker

Cara Binus University Berantas Plagiat, Sanksinya Langsung DO!

Gak ada kata ampun bagi pelaku plagiat!

Semarang, IDN Times - Sebanyak 80 mahasiswa Binus University kedapatan plagiat. Kasus tersebut ditemukan dalam rentang waktu lima tahun terakhir menyusul adanya upaya penindakan tegas yang dilakukan pihak kampus terhadap mahasiswanya yang berusaha berbuat curang selama masa perkuliahan.

1. Mahasiswa S1 sering plagiat

Cara Binus University Berantas Plagiat, Sanksinya Langsung DO!Dok. Binus University

Rektor Binus University, Prof Harjanto Prabowo mengungkapkan rata-rata mahasiswanya yang tepergok melakukan plagiat ada yang dari jenjang S1, S2, maupun S3.

"Dalam waktu lima tahun terakhir, ada 80 mahasiswa yang melakukan plagiat. Mulai yang S1, S2 dan S3. Yang paling banyak S1. Mahasiswa plagiat langsung diberi sanksi tegas, mereka didrop out (DO) atau dikeluarkan dari kampus. Jadi dia plagiat, saya DO," kata Harjanto usai sesi perkenalan di Tentrem Semarang, Sabtu (23/10/2021).

2. Jumlah kasus plagiat dan nyontek di Binus berkurang drastis

Cara Binus University Berantas Plagiat, Sanksinya Langsung DO!theconversation.com

Lebih lanjut, ia menyampaikan sanksi tegas perlu dikeluarkan sebagai efek jera bagi mahasiswa yang melakukan plagiat. Selain itu, hukuman serupa juga berlaku bagi mahasiswanya yang terbukti mencontek saat ujian skripsi dan sejenisnya.

Menurutnya pemberlakuan sanksi drop out membuat kasus plagiat di kampusnya cenderung berkurang. 

"Dari awalnya yang kita beri hukuman sosial dengan menempelkan nama pelaku plagiat di papan informasi, kemudian hukuman kita beri lebih tegas lagi berupa drop out, syukurlah jumlahnya menurun drastis. Kita juga gembar-gemborkan ke mahasiswa supaya jangan nyontek terutama saat ujian. Hukumannya juga berat," bebernya.

3. Binus University bangun kampus baru dekat Pantai Marina

Cara Binus University Berantas Plagiat, Sanksinya Langsung DO!Binus Bekasi. binus.ac.id

Di tahun ini, Binus University melebarkan cabangnya dengan meresmikan kampus barunya di Kota Semarang. Lokasi kampusnya berada di dekat kawasan Pantai Marina, Semarang Barat. Kampus Binus Semarang yang dekat dengan Bandara Ahmad Yani menjadi gampang dijangkau oleh masyarakat.

Ia mengingatkan kepada seluruh pegawai dan mahasiswa untuk meningkatkan integritasnya dengan menonjolkan kejujuran dan tidak melakukan korupsi. Prof Harjanto menekankan berlaku jujur merupakan tindakan sportif sekaligus memperkuat kepercayaan masyarakat untuk memilih Binus sebagai tempat kuliah favorit.

"Bagi alumni kampus yang melakukan korupsi, ya kita cabut ijazahnya. Tidak ada peringatan tapi sanksinya tegas. Kita sebagai perguruan tinggi juga bisa meningkatkan kualitas dengan menghindari kecurangan," paparnya.

4. Ada empat jurusan unggulan di Binus Semarang

Cara Binus University Berantas Plagiat, Sanksinya Langsung DO!Kampus Binus Bekasi. jajanbeken.com

Untuk musim perkuliahan tahun 2021, katanya Binus telah membuka pendaftaran untuk kampus di Semarang. Jumlah pendaftaranya meningkat pesat lantaran banyak warga Semarang tadinya sering berkuliah di Bandung maupun Jakarta.

"Jumlah peminatnya sangat banyak. Kita punya jurusan unggulan yaitu teknik informatika, DKV, teknik industri dan sistem informasi. Selama pandemik, kita menyesuaikan kebijakan pemerintah, kita adakan kelas online, kita berikan modul pembelajaran secara daring untuk memudahkan mahasiswa menyerap pelajaran dari rumah masing-masing," tukasnya.

Baca Juga: Wuih, Binus Masuk Top 1000 Perguruan Tinggi di Dunia

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya