Cegah COVID-19 saat Tes CPNS, Ini Protokol Kesehatan yang Berlaku di Udinus

Udinus minta peserta tes berjaga jarak

Semarang, IDN Times - Tahapan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk formasi CPNS kembali digelar di kampus Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Dimulai hari ini, Sabtu (12/9/2020) hingga 18 September nanti, para peserta tes CPNS diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di kampus berbasis teknologi tersebut.

1. Peserta tes CPNS pakai masker dan masuk ke ruangan yang sudah disemprot disinfektan

Cegah COVID-19 saat Tes CPNS, Ini Protokol Kesehatan yang Berlaku di UdinusIlustrasi. Seorang peserta CPNS saat melihat daftar penerimaan di Udinus. IDN Times/Fariz Fardianto

Ketua Panitia Tes SKB CPNS Udinus, Mohamad Sidiq mengungkapkan proses tes SKB CPNS digelar memakai Computer Assisted Test (CAT). Sebelum tes dimulai, pihaknya mewajibkan agar tiap peserta mencuci tangannya dan memakai masker. 

"Habis itu baru masuk ke tempat disinfectant chamber yang telah disediakan. Selanjutnya dicek suhu tubuhnya oleh petugas," kata Sidiq dalam keterangan yang didapat IDN Times.

Baca Juga: Udinus Masuk Daftar Kampus Swasta Terbaik, Rektor: Kita Bersaing via Teknologi

2. Udinus minta peserta tes CPNS jaga jarak 1 meter dan bersihkan tangan pakai antiseptik

Cegah COVID-19 saat Tes CPNS, Ini Protokol Kesehatan yang Berlaku di Udinusunsplash.com/Mélissa Jeanty

Para peserta tes, lanjutnya juga harus berjaga jarak 1 meter sembari menanti jadwal tes. Barang bawaan mereka harus dititipkan ke petugas loket. Peserta hanya boleh membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu peserta. 

Peserta akan diberi cairan antiseptik. Sedangkan di sisi lain, panitia tes CPNS di Udinus akan menyemprotkan disinfektan untuk membersihkan partikel kotoran di ruangan tes setiap akhir sesi.

"Yang boleh masuk lokasi tes hanya peserta, untuk pengantarnya cuma boleh drop jemput. Sehingga tidak ada penumpukan peserta dan pengantar. Dan ada perlengkapan bagi difabel. Hal ini kami lakukan agar protokol kesehatan terjaga dan terhindar COVID-19," imbuhnya.

3. Terdapat 3.945 peserta tes CPNS di Udinus tahun ini

Cegah COVID-19 saat Tes CPNS, Ini Protokol Kesehatan yang Berlaku di UdinusSuasana parkir di Gedung B Udinus. IDN Times/Fariz Fardianto

Dilain pihak, menurut Rektor Udinus, Prof Edi Noersasongko saat ini telah disiapkan berbagai fasilitas mulai perangkat komputer hingga pengamanan untuk mendukung kelancaran tes SKB CPNS. "Kita berharap SKB CPNS formasi 2019 untuk seluruh kabupaten kota dapat lancar," ujar Edi.

Jumlah peserta tes SKB CPNS di Udinus ada 3.945 orang. Rinciannya, sebanyak 433 orang dari Kota Semarang, 471 orang dari Kota Pekalongan, 434 orang dari Kota Tegal, 527 dari Kabupaten Batang, 246 orang dari Kabupaten Brebes, 1.245 dari Kabupaten Tegal, dan 589 peserta dari Wonosobo. 

Pihaknya menekankan selama tes CPNS berlangsung, telah bekerjasama dengan aparat kepolisian, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Satgas COVID-19 Kota Semarang.

4. Satgas COVID-19: Kalau ada peserta alami gejala COVID-19, akan dibawa ke RS Wongsonegoro

Cegah COVID-19 saat Tes CPNS, Ini Protokol Kesehatan yang Berlaku di UdinusDok. Dinas Kesehatan Kota Semarang

Sementara, Drg Rahma Defi M Kes, Kabid Satgas COVID-19 Kota Semarang mengungkapkan di Udinus terdapat beberapa ruangan kesehatan yang telah dilengkapi oksigen. 

"Karena kalau ada yang OTG, tentunya yang bersangkutan akan dapat layanan kesehatan dengan dilengkapi oksigen agar tidak mengalami penurunan daya tahan tubuh," bebernya.

Selain itu, ia menambahkan jika ada peserta mengalami penurunan kesehatan mirip gejala COVID-19, akan dilarikan ke RSUD Wongsonegoro. "Kita pastikan layanan kesehatannya diberikan dengan cukup baik," pungkasnya.

Baca Juga: Heboh Peserta Tes CPNS Bawa Jimat dan Tiba-tiba Raib dari Meja Petugas

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya