Comscore Tracker

COVID-19 Jateng Naik Terus, 60 Persen Ruang Isolasi Diklaim Masih Kosong

Dinkes Jawa Tengah senang ada ruang isolasi kosong

Semarang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah mengklaim kapasitas ruang isolasi di rumah sakit yang ada di 35 kabupaten/kota saat ini masih kosong sekitar 60 persen meski angka penularan COVID-19 terus menunjukan grafik peningkatan yang signifikan di provinsi yang dipimpin Ganjar Pranowo itu.

1. Kepala Dinkes Jateng mengaku banyak ruang isolasi masih kosong

COVID-19 Jateng Naik Terus, 60 Persen Ruang Isolasi Diklaim Masih KosongIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19 di Gresik, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo mengaku saat ini ketersediaan ruang isolasi mencapai 3.650 tempat tidur atau masih terpakai 40 persen.

"Dari total ruang isolasi yang kita sediakan di tingkat provinsi sebanyak 6.936 tempat tidur, saat ini yang tersedia di rumah sakit ada 3.650 . Lalu yang sudah dipakai sekitar 40 persen. Yang sisanya 60 persen masih kosong," kata Yulianto dalam diskusi yang digelar Dinkes Jateng melalui zoom meeting, Kamis (24/9/2020).

Baca Juga: COVID-19 di Semarang Tinggi, Ruang ICU Habis, Rumah Sakit Cari Donasi

2. Keterisian ruang isolasi di Jateng masih 40 persen

COVID-19 Jateng Naik Terus, 60 Persen Ruang Isolasi Diklaim Masih KosongIlustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19 di Gresik, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Lebih lanjut, ia mengklaim kondisi serupa juga terjadi di seluruh ruangan ICU yang disediakan pihak rumah sakit. Yulianto berkata ruang ICU yang sudah dipakai pasien COVID-19 saat ini ada 40 persen. Sedangkan 60 persen lainnya dalam keadaan kosong melompong.

Ia menganggap dengan banyaknya ruang isolasi yang kosong, maka menunjukkan angka pasien COVID-19 sudah berkurang.

"Soalnya (ruang isolasi) itu banyak sekali yang kosong. Pasien aktif sekarang ini tidak terlalu banyak. Ini sebuah hal menggembirakan," cetusnya.

Jika dihitung rata-rata untuk 35 kabupaten/kota, katanya, tempat tidur pasien COVID-19 memiliki okupansi rate alias keterisian sebesar 40 persen.

"Yang isolasi ICU cuma keisi ratusan," sergahnya.

3. Pemprov Jateng sediakan ruang isolasi di hotel-hotel hingga rusunawa

COVID-19 Jateng Naik Terus, 60 Persen Ruang Isolasi Diklaim Masih KosongPersiapan pihak hotel untuk menerima isolasi pasien COVID-19. Dok. Kemenparekraf

Ia menjelaskan pihaknya selama ini juga memakai hotel-hotel berbintang untuk dijadikan tempat karantina bagi para pasien COVID-19. Pihaknya mencatat karantina pasien COVID-19 saat ini sudah berjalan di Hotel Saffin Kabupaten Pati, Hotel D'Season Jepara, sejumlah rusunawa, dan rumah dinas Wali Kota Semarang.

"Di semua kabupaten dan kota punya ruang karantina untuk COVID-19. Diantaranya ada di Hotel Saffin, rumdin Hotel D'Season Jepara dan juga rusunawa. Jadi cukup banyak sekali tempat isolasi buat warga yang tertular COVID-19," bebernya.

"Kondisinya memang bisa penuh. Tapi sekarang belum terjadi. Prinsipnya ruang isolasi yang kita sediakan masih cukup, ketersediaan dokternya masih ada. Dan yang dirawat di ICU tidak selamanya berada di situ terus. Dia juga harus keluar kalau dianggap sembuh. Rata-rata keterpakaian isolasinya sebesar 40 persen, kadang 50 persen. Saya kira masih cukup," tandasnya.

Baca Juga: Hadapi Lonjakan Corona, Hotel Hingga GOR Jatidiri Jadi Ruang Isolasi

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya