Comscore Tracker

Cuaca Buruk! Semarang Banjir, Bandara Ahmad Yani Tutup Sampai Minggu

21 rute penerbangan terdampak

Semarang, IDN Times - Cuaca buruk yang melanda Semarang sejak Jumat malam menyebabkan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani terendam banjir. Bandara yang ada di Ibukota Jateng itu pun akhirnya ditutup sementara oleh pihak Angkasa Pura I. 

Penutupan bandara dilakukan sampai Minggu (7/2/2021) pukul 06.00 WIB besok pagi sesuai dengan NOTAM (Notice To Airmen) Nomor: B0182/21 NOTAMR B0181/21 perihal RWY 13/31 Tutup dengan ringkasa isi NOTAM RWY 13/31 Tutup Dikarenakan Genangan Air Sampai dengan 07 Februari 2021 Pukul 06.00 WIB.

 

1. Sebanyak 21 Maskapai terdampak cuaca buruk di Semarang

Cuaca Buruk! Semarang Banjir, Bandara Ahmad Yani Tutup Sampai MingguIlustrasi Banjir Jakarta (IDN Times/Mardya Shakti)

General Manager PT Angkasa Pura I, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto menyampaikan menyatakan terdapat 21 rute penerbangan yang terdampak cuaca buruk di Semarang. 

Jalur penerbangan yang terhambat saat ini yaitu rute dari dan menuju Jakarta, Pangkalan Bun, Banjarmasin, Surabaya, dan Makassar. 

"Seluruh penumpang yang melakukan perjalanan pada hari ini akan dilakukan reschedule pada penerbangan esok harinya," katanya dalam keterangan resmi yang diperoleh IDN Times, Sabtu (6/2/2021).

Baca Juga: Banjir Semarang Capai 1 Meter, Kota Lama Hingga Simpang Lima Terendam

2. Pihak maskapai diminta kirim SMS blast ke penumpangnya

Cuaca Buruk! Semarang Banjir, Bandara Ahmad Yani Tutup Sampai MingguANTARA FOTO/Reno Esnir

Masing-masing maskapai, tambahnya akan segera mengirimkan SMS blast kepada calon penumpang yang belum menuju bandara agar terinfo dan tidak mengalami kebingungan. 

Karena akses bandara dilanda banjir, maka pihalnya sedsng mengakomodir para penumpang yang telah berada di bandara untuk dilakukan bantuan mobilisasi ke area depan Museum Ronggowarsito yang bekerjasama dengan Lanumad Ahmad Yani memakai truk TNI.

"Kondisi area terminal masih cukup kondusif, tidak terjadi penumpukan. Para petugas memberikan informasi pemberhentian operasional penerbangan hari ini melalui announcement dan mengarahkan penumpang menuju area pick up zone untuk keluar dari bandara menggunakan kendaraan yang telah disediakan. Jika terdapat penumpang yang menanyakan perihal refund ataupun h penerbangannya diarahkan ke customer service maskapai," jelasnya.

3. Area landasan pacu Bandara Ahmad Yani kebanjiran

Cuaca Buruk! Semarang Banjir, Bandara Ahmad Yani Tutup Sampai MingguIlustrasi pesawat (Pesawat) (IDN Times/Arief Rahmat)


Di area landasan pacu, ia melanjutkan kini masih tergenang air dan Foreign Object Damage (FOD) yang dapat mengganggu operasional penerbangan. Petugasnya sedsng memantau sembari membersihkan runway. 

Upaya yang dilakukan sekarang dengan mengaktifkan 54 unit pompa sampai keadaan aman dan siap dioperasikan lagi. “Kami berharap cuaca segera membaik sehingga pembersihan pada area runway dan fasilitas lainnya berjalan optimal sampai dengan bandara dapat beroperasi kembali," bebernya.

Sedangkan informasi yang dihimpun IDN Times, maskapai penerbangan yang terdampak di antaranya sebagai berikut:

1. Garuda Indonesia GA 232 tujuan Jakarta – Semarang (Dialihkan ke Surabaya)
2. Batik Air ID 6362 tujuan Jakarta – Semarang (Delay)
3. Batik Air ID 6350 tujuan Jakarta – Semarang (Delay)
4. Nam Air IN 195 tujuan JPangkalan Bun – Semarang (Delay)
5. Wings Air IW 1806 tujuan Semarang – Pangkalan Bun (Delay)
6. Garuda Indonesia GA 235 tujuan Semarang – Jakarta (Delay)
7. Batik Air ID 7369 tujuan Semarang – Jakarta (Delay)
8. Nam Air IN 196 tujuan tujuan Semarang – Pangkalan Bun (Delay)

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya