Comscore Tracker

Cuekin Teriakan Warga, 2 ABG di Kendal Ditabrak KA, 1 Tewas Seketika

Ada 10 jalur KA di Kendal yang tidak dijaga petugas

Kendal, IDN Times - Gara-gara mengabaikan peringatan dari warga sekitar, dua remaja yang berboncengan motor tertimpa malapetaka. Betapa tidak, mereka yang bernama Heppi dan M Arya Yusmantoro melewati jalur perlintasan di Weleri, Kendal tertabrak KA Argo Bromo Anggrek, yang melaju dari Stasiun Gambir Jakarta menuju Semarang

1. Dua remaja yang boncengan naik motor nyuekin peringatan warga di jalur KA

Cuekin Teriakan Warga, 2 ABG di Kendal Ditabrak KA, 1 Tewas SeketikaANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Tabrakan yang terjadi tepat di petak KM 39+7 Stasiun Weleri-Krengseng Kendal itu sontak menggemparkan warga setempat. Berdasarkan informasi yang diperoleh Daop 4 Semarang, kedua korban yang berusia 13 tahun tersebut awalnya menyeberangi jalur perlintasan dari arah utara Weleri menuju ke selatan. 

"Ketika kedua remaja itu melintasi perlintasan, saat bersamaan KA Argo Bromo Anggrek melaju dan sudah membunyikan klakson suara suling berulang ulang. Warga yang lihat juga sudah teriak-teriak mengingatkan mereka. Ternyata teriakan warga tidak dihiraukan. Dua orang berboncengan itu keserempet kereta api yang sedang melaju. Kejadiannya jam 13.20 WIB," ujar Krisbiyantoro, Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Jumat (30/4/2021). 

Baca Juga: Tradisi Ramadan di Kendal Dibatasi, Warga Wajib Taati Prokes

2. Heppi tewas seketika dan temannya mengalami luka-luka

Cuekin Teriakan Warga, 2 ABG di Kendal Ditabrak KA, 1 Tewas SeketikaIlustrasi jenazah. (IDN Times/Sukma Shakti)

Insiden tersebut mengakibatkan Heppi yang tinggal di Dusun Peniten, Karanganom Weleri tewas seketika di lokasi kejadian. Sedangkan rekannya yang bernama M Arya Yusmantoro mengalami luka-luka di sekujur tubuhnya. 

Sementara sepeda motor yang mereka tumpangi ringsek terseret bemper loko KA Argo Bromo Anggrek hingga beberapa meter. Kris menyayangkan kecelakaan yang muncul di ruas perlintasan kereta api tersebut. 

"Korban sudah ditangani Polsek Weleri. Sekarang lagi nunggu inafis untuk dievakuasi. Kita pastikan jalur perlintasan masih aman dilewati kereta api," ungkapnya. 

3. Masih ada 10 jalur KA di Kendal yang tidak dijaga

Cuekin Teriakan Warga, 2 ABG di Kendal Ditabrak KA, 1 Tewas SeketikaWarga kembali melintasi palang pintu KA yang sebelumnya telah dipasangi patok KAI Daop 8 Surabaya. IDN Times/Imron

Menurut Kris, kondisi jalur perlintasan yang tidak terjaga di KM 39+7 itu mestinya menjadi perhatian dari perangkat desa setempat supaya diberi pengamanan secara khusus. 

"Bila itu akses jalan kelas desa, maka pemerintah desa bisa mengambil langkah keselamatan tersebut, kami siap membantu," akunya. 

Untuk langkah cepat, pihaknya akan berkoordinasi dengan perangkat desa setempat supaya segera menutup perlintasan sebidang yang menjadi lokasi tabrakan. Di wilayah jalur Pantura, ia menyebutkan masih banyak ditemukan perlintasan KA yang tidak terjaga. Di sisi lain, perlintasan sebidang harusnya jadi tanggung jawab pemerintah setempat guna meningkatkan keselamatan pengguna jalan serta perjalanan KA. 

Tercatat sampai Jumat (30/4/2021), ada 28 titik perlintasan sebidang di Kabupaten Kendal. Dari jumlah itu, 10 titik diantaranya tidak terjaga. Kemudian satu titik lagi berupa fly over.

"Sedangkan lainnya ada yang dijaga dan ada yang sudah ditutup," jelasnya. 

Baca Juga: 5 Lokasi di Jalur Pantura ini Paling Angker, Muncul Sosok Hantu Cantik

https://www.youtube.com/embed/ieuCs8gq1Tc

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya