Dilanda Hujan Deras, 4 Pesawat Delay di Bandara Ahmad Yani Semarang

AirNav pastikan arus penerbangan mulai lancar

Semarang, IDN Times -  Gangguan transportasi tak cuma dialami para pengguna jalan raya maupun kereta api, jadwal penerbangan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani juga ikut tersendat akibat hujan deras yang melanda Semalam sejak semalam suntuk. 

Pihak AirNav Cabang Semarang mencatat ada empat maskapai penerbangan yang mengalami keterlambatan penerbangan (delay) pada Sabtu (31/12/2022). 

1. Garuda, Lion, Wings, Batik Air delay

Dilanda Hujan Deras, 4 Pesawat Delay di Bandara Ahmad Yani SemarangPara petugas AirNav Semarang saat memantau arus penerbangan di landasan pacu Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani. (Dok Humas AirNav Semarang)

Manajer Operasional AirNav Semarang, Kelik Wijanarko mengaku, empat pesawat yang delay untuk rute penerbangan dari Semarang-Jakarta dan Semarang-Kalimantan. 

"Ada empat pesawat yang terdampak cuaca buruk di Semarang. Masing-masing Garuda nomor penerbangan 235, Batik Air nomor penerbangan 7369, Wings Air nomor penerbangan 1818 dan Lion Air nomor 624," kata Kelik saat dihubungi IDN Times

Baca Juga: Tingkatkan Pengamanan, Lanumad Periksa Acak Kendaraan yang Masuk Bandara Ahmad Yani

2. Wings Air ubah rute Semarang ke Pangkalanbun

Dilanda Hujan Deras, 4 Pesawat Delay di Bandara Ahmad Yani SemarangIlustrasi Wings Air (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Garuda Indonesia sejak tadi pagi delay dengan jadwal keberangkatan dari Semarang ke Jakarta. Kondisi serupa dialami Batik Air nomor penerbangan 7369, Lion Air untuk rute Semarang-Balikpapan dan Wings Air untuk rute Semarang-Ketapang yang akhirnya mengubah rutenya ke Pangkalanbun. 

"Untuk Garuda tidak signifikan terdampaknya. Yang Wings Air 1818 yang awalnya dari sini jadwalnya terbang ke Ketapang tapi info yang saya dapat mereka melakukan pergantian rute ke Pangkalanbun. Tapi statusnya tetap terdelay. Kemudian Lion Air Semarang ke Balikpapan juga sama. Ada satu pesawat lagi yang harusnya mendarat ke sini kemudian dia putuskan mendaratnya di Surabaya," ungkapnya. 

3. Genangan air hanya di pinggir runway

Dilanda Hujan Deras, 4 Pesawat Delay di Bandara Ahmad Yani SemarangIlustrasi runway/Dokumentasi Pemprov Jabar

Kelik berkata rata-rata waktu delay empat pesawat itu sangat bervariatif. Sebab, jadwal keberangkatannya hampir bersamaan yaitu mulai jam 7 pagi. 

Saat ini, lanjutnya, AirNav menyatakan kondisi landasan pacu atau runway di Bandara Ahmad Yani Semarang mulai bisa dilakukan pendaratan maupun lepas landas. 

"Runway saat ini aman dilakukan pendaratan dan lepas landas. Genangan hanya pinggir saja. Sampai saat ini sudah mulai lancar arus ppenerbangannya," jelasnya. 

4. Tiga pesawat sudah berangkat

Dilanda Hujan Deras, 4 Pesawat Delay di Bandara Ahmad Yani SemarangPesawat Lion Air (Website/lionair.co.id)

Ia menekankan dari empat pesawat yang delay, tiga maskapai di antaranya sudah berangkat dari Bandara Ahmad Yani. Sedangkan satu pesawat milik Garuda sampai sekarang masih tertahan. 

"Yang tiga sudah berangkat, yang satu belum. Saya cek barusan pesawatnya Garuda belum berangkat. Yang sudah itu pesawat Lion 624, Batiknya juga berangkat sama Wings," terangnya. 

5. Babin Genuk ikut evakuasi warga yang terjebak banjir

Dilanda Hujan Deras, 4 Pesawat Delay di Bandara Ahmad Yani SemarangIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Sedangkan, Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan, banjir yang terjadi di Kota Semarang pada hari ini menyebabkan banyak rumah warga tergenang air. Salah satunya terjadi di Kelurahan Gebangsari, Genuk. 

Bhabinkamtibmas Gebangsari, Aiptu Mukhith turut mengevakuasi seorang warga dari keluarga Sugeng Raharjo.

"Karena sakit stroke dan rumah terendam sehingga membutuhkan pertolongan," tandasnya. 

Baca Juga: Danlanumad Tidak Mentolerir Gangguan Keamanan di Bandara Ahmad Yani Selama Nataru

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya