Fauziah Panik Tindiknya Gak Bisa Dicopot, Langsung Dibantu Damkar Pakai Gunting Kuku

Telinga Fauziah sudah iritasi

Semarang, IDN Times - Seorang wanita muda memutuskan mendatangi kantor Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang, pada Sabtu (25/11/2023). 

Selepas Maghrib atau jam 18.20 WIB, wanita yang bernama Fauziah Margardistya itu meminta tolong kepada petugas Damkar untuk melepaskan giwang atau tindik yang ada di dua telinganya. 

Usut punya usut ternyata Fauziah merasa kesakitan karena tindiknya sudah terasa sesak.

Baca Juga: Petugas Damkar Selamatkan 680 Satwa Selama 2023, Meningkat Saat Kemarau

1. Ada luka iritasi pada telinga Fauziah

Fauziah Panik Tindiknya Gak Bisa Dicopot, Langsung Dibantu Damkar Pakai Gunting Kukuilustrasi tindik telinga (unsplash.com/Kimia Zarifi)

Menurut penuturan Bayu Kusuma, seorang anggota tim animal rescue Damkar Kota Semarang, saat diperiksa, kondisi tindik yang dipakai Fauziah terlihat lengket sehingga sulit dilepaskan. 

"Karena sudah beberapa hari sulit dilepas, jadinya kayak ada luka mlenyek di area tindiknya. Mungkin sudah iritasi makanya dia kerasa sakit pas tindiknya mau dicopot," kata Bayu kepada IDN Times, Sabtu (25/11/2023). 

2. Mencopot tindik pakai gunting kuku

Fauziah Panik Tindiknya Gak Bisa Dicopot, Langsung Dibantu Damkar Pakai Gunting KukuBayu Kusuma, seorang petugas animal rescue dari Damkar Kota Semarang tampak ekstra hati-hati saat membantu melepas tindik pada telinga Fauziah. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Bayu mengaku butuh waktu lima menit untuk melepaskan tindik yang ada di telinga Fauziah. Saat dicoba memakai gunting kuku, secara perlahan karet pada tindik tersebut sedikit demi sedikit mulai terkikis. 

Saat dilihat oleh Bayu memang ada beberapa luka iritasi sehingga membuat Fauziah sedikit kesakitan. 

Fauziah yang berusia 24 tahun itu berkata dirinya memilih mendatangi Damkar karena nomor teleponnya gampang dihubungi. Bahkan, menurut Fauziah Damkar Kota Semarang juga dikenal punya kemampuan yang super cepat dalam menangani berbagai keluhan masyarakat. 

"Pas saya tanya dia tahu Damkar dari medsos. Terus dia bilangnya kalau kami memang yang paling gampang dimintai tolong. Makanya pas tindiknya sulit dilepas, dia ngontak kami, kami lalu menyanggupi dan dia langsung kemari. Saya sendiri yang eksekusi pakai gunting kuku," kata Bayu. 

3. Upaya pertolongan tidak ada kendala

Fauziah Panik Tindiknya Gak Bisa Dicopot, Langsung Dibantu Damkar Pakai Gunting KukuFauziah terlihat lega saat seorang petugas Damkar membantu melepaskan tindiknya. (IDN Times/Dok Damkar Kota Semarang)

Bayu bilang Fauziah tercatat tinggal di Kampung Gedung Batu Tengah, RT 08/RW 05, Ngemplak Simongan, Semarang Barat. Proses pelepasan tindik pada telinga Fauziah tidak ada kendala sama sekali. 

Menolong melepaskan tindik merupakan salah satu tugas yang biasa diemban para petugas Damkar Kota Semarang. Diakuinya bahwa tak jarang warga Semarang yang berdatangan ke Damkar untuk meminta tolong melepaskan anting, tindik dan sejenisnya. 

4. Ada 30 orang yang minta bantuan melepaskan cincin selama 2023

Fauziah Panik Tindiknya Gak Bisa Dicopot, Langsung Dibantu Damkar Pakai Gunting KukuTerlihat jari tengah Joaquine terlilit cincinnya yang sudah kesempitan. (IDN Times/Dok Damkar Semarang)

Tetapi selama rentang waktu Januari-November, katanya paling banyak tindakan yang dilakukan personel Damkar yaitu membantu melepaskan cincin. Berdasarkan data yang dikumpulkan tim animal rescue, tak kurang 30 kasus pelepasan cincin yang berhasil dilakukan Damkar. 

"Ya paling banyak selama tahun ini nyopotin cincin. Data dari kami ada 30 orang yang minta dicopotin cincinnya. Kalau yang tindik atau anting kejadiannya malah jarang," akunya. 

Bayu mengatakan selain membantu melepas cincin dan anting, tak jarang Damkar juga mendapat laporan adanya rumah warga kemasukan ular, biawak, luwak, sarang lebah sampai ada yang minta tolong membuangkan bangkai tikus.

"Beberapa laporan kami seleksi. Kayak minta buangin bangkai tikus kayak gitu ya kita gak bisa eksekusi," tandasnya. 

Baca Juga: Petugas Damkar Semarang Pakai APD Gantian, Pemkot Cairkan Anggaran Belanja Tak Terduga

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya