Hari Kelima, Vaksinasi Tenaga Kesehatan TNI di Jateng Baru 33 Persen

Total ada 3.510 nakes TNI di Jawa Tengah yang akan vaksinasi

Semarang, IDN Times - Proses vaksinasi COVID-19 hingga saat ini masih terus berlangsung di tiga daerah di Jawa Tengah. Tak cuma para tenaga kesehatan (nakes) rumah sakit dan Puskesmas, para tenaga medis yang bertugas di wilayah Kodam IV Diponegoro turut disuntik vaksin Sinovac.

1. Kakesdam IV Diponegoro pastikan nakes TNI sehat pasca-divaksinasi

Hari Kelima, Vaksinasi Tenaga Kesehatan TNI di Jateng Baru 33 PersenSeorang nakes TNI Kodam IV Diponegoro saat divaksin. Dok. Pendam IV Diponegoro

Kakesdam IV Diponegoro, Kolonel Ckm Akhmad Rusli Budi A, menuturkan tahapan vaksinasi saat ini menyasar kepada para nakes yang bekerja di lingkungan rumah sakit milik TNI AD. Yang disuntik vaksin Sinovac adalah mereka nakes prajurit TNI, PNS maupun nakes non-TNI.

"Alhamdulillah semua berjalan dengan baik, dan tidak ada komplikasi yang ditimbulkan oleh vaksin ini. Ini menunjukan kepada kita semua bahwa vaksin aman, sudah kita buktikan bahwa nakes TNI semuanya dalam keadaan sehat pasca diimunisasi," ujarnya dalam keterangan resmi yang didapat IDN Times, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga: IDI Semarang Ungkap Dokter yang Tertular COVID-19 Tidak Diberi Vaksin

2. Kodam IV Diponegoro targetkan ribuan nakes TNI bisa ikut vaksinasi

Hari Kelima, Vaksinasi Tenaga Kesehatan TNI di Jateng Baru 33 PersenSeorang nakes TNI Kodam Diponegoro usai divaksin. Dok. Pendam IV Diponegoro

Tata laksana vaksinasi tahap pertama, imbuh Akhmad, sebelumnya harus melewati simulator dari proses screening hingga tahap akhir usai. Hal tersebut menjadi tindak lanjut program pemerintah pusat guna mengebut vaksinasi tahap awal bagi semua nakes. 

Pihaknya menargetkan ada 3.510 nakes TNI yang memperoleh vaksin yang mencakup area Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Solo. 

Untuk sementara, lanjutnya, memasuki hari kelima vaksinasi telah mencapai 33 persen. Ditargetkan satu minggu kedepan semua sudah ter-cover 100 persen.

"Sementara untuk titik yang lain kami masih menunggu dropping vaksin dari Dinas Kesehatan Jawa Tengah maupun Dinas Kesehatan DIY," terangnya. 

3. Kodam IV Diponegoro jamin vaksin Sinovac aman

Hari Kelima, Vaksinasi Tenaga Kesehatan TNI di Jateng Baru 33 PersenNakes TNI Kodam Diponegoro saat divaksin. Dok Humas Pendam IV Diponegoro

Kapendam IV Diponegoro, Kolonel (Kav) Susanto, memastikan pelaksanaan vaksinasi Sinovac itu telah dinyatakan aman.

"MUI sudah menyatakan bahwa itu halal, kemudian BPPOM juga sudah mengeluarkan pernyataan bahwa vaksin ini aman," tuturnya. 

Baca Juga: 8 Nakes di Jateng Ngantuk dan Pegal Habis Divaksinasi, Bahayakah?

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya