Comscore Tracker

Hari Wayang, Beskap Dalang Ki Manteb Jadi Koleksi Museum Ronggowarsito

Sarat nilai sejarah yang tinggi

Semarang, IDN Times - Perayaan Hari Wayang di Kota Semarang pada 2019, terasa istimewa. Betapa tidak, dalang kondang Ki Manteb Sudarsono memberikan kado istimewa kepada pengelola Museum Ronggowarsito. 

Tepat pada Rabu malam atau sehari menjelang Hari Wayang Nasional, Ki Manteb menyerahkan seperangkat pakaian beskap Jawa lengkap dengan blangkon kepada perwakilan pejabat Disbudpar Kota Semarang. Penyerahan itu juga disaksikan ratusan orang yang menyaksikan pagelaran budaya di RRI Semarang. 

Prosesi penyerahan tersebut sebagai simbolis atas niatan dalang wayang kulit legendaris tersebut yang ingin menyimpan beskap kesayangannya ke Museum Ronggowarsito. 

"Dan beskap milik Ki Manteb itu dipastikan jadi koleksi terbaru yang tersimpan di Museum Ronggowarsito. Nanti tanggal 28 November Pak Kepala Disbudpar akan menggelar acara wayangan sekaligus penyerahan beskapnya Ki Manteb ke museum," kata Laila Nurhayati Dewi, Kasi Pengkajian dan Pelestarian, Museum Ronggowarsito saat berbincang dengan IDN Times, Kamis (7/11). 

1. Beskap Ki Manteb yang disimpan di Ronggowarsito lengkap dengan jarit epek timang

Hari Wayang, Beskap Dalang Ki Manteb Jadi Koleksi Museum RonggowarsitoLiburan Jogja

Pihaknya menyatakan, beskap milik Ki Manteb yang disimpan di Museum Ronggowarsito berwarna hitam legam berlengan panjang. Selain itu, ada pula sebuah blangkon, stagen dan jarit epek timang yang sarat nilai historis yang tinggi. 

Baca Juga: Serunya Nonton Bocah di Konser Karawitan Anak Indonesia 2019 

2. Pernah dipakai Ki Manteb saat menghadiri acara penetapan Wayang sebagai warisan dunia

Hari Wayang, Beskap Dalang Ki Manteb Jadi Koleksi Museum Ronggowarsitoyoutube.com/SINEBEN

Menurutnya beskap tersebut terakhir kali dipakai oleh sang dalang saat berbicara di depan UNESCO saat Wayang ditetapkan menjadi Warisan Dunia Tak Benda pada 2013 silam. 

Baginya, ini jadi kebanggaan tersendiri bagi pengelola museum karena mendapat amanat untuk melestarikan pakaian adat yang dikenakan Ki Manteb. 

"Makanya ini jadi kebanggaan buat kita. Biar bagaimanapun Ki Manteb ternyata mempercayakan kepada kami untuk menyimpan beskapnya," akunya. 

3. Ki Manteb ingin beskapnya jadi kenang-kenangan bagi anak cucunya

Hari Wayang, Beskap Dalang Ki Manteb Jadi Koleksi Museum Ronggowarsitofsp.isi-ska.ac.id

Lebih jauh, ia menuturkan, Ki Manteb mengakui bahwa niatnya menyimpan beskap ke Museum Ronggowarsito semata agar bisa dijadikan kenang-kenangan bagi anak cucunya kelak. 

Beliau bilang sendiri kalau beskapnya biar disimpan di museum supaya anak cucunya bisa lihat baju kebanggaan eyangnya," terangnya.

Baca Juga: Blangkon hingga Beskap, Cara Pegawai Pemkot Surabaya Peringati Hari Pahlawan

4. Akan disimpan bersama ratusan koleksi wayang lainnya

Hari Wayang, Beskap Dalang Ki Manteb Jadi Koleksi Museum RonggowarsitoIDN Times/Fariz Fardianto

Ia bilang nantinya beskap milik Ki Manteb akan diletakan di lantai dua Ruang Etnografi. Di lokasi yang sama pula terdapat ratusan koleksi wayang berbagai jenis yang didapatkan dari sejumlah komunitas karawitan maupun para dalang kondang. 


Data terakhir di Museum Ronggowarsito, jumlah koleksi wayang yang ada saat ini mencapai 500 buah lebih. Koleksi wayangnya terdiri dari 15 jenis. Mulai wayang purwa, suket, wayang golek, wayang kulit hingga wayang Buddha. 

Baca Juga: Ragam Budaya Indonesia! 10 Foto Meriah Sedekah Laut di Cilacap, Jateng

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Just For You